Setara Serahkan Hasil Riset Penguatan Polri

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Kamis, 10 Oktober 2024 | 09:30 WIB
Ilustrasi anggota Polri. (BeritaNasional/Elvis)
Ilustrasi anggota Polri. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Setara Institute akan menyampaikan hasil riset terkait institusi Polri kepada presiden terpilih Prabowo Subianto dan diharapkan dapat menjadi dasar penyusunan kebijakan penguatan transformasi Polri.


"Memang ada banyak data tapi konsentrasi kami ingin memanfaatkan momentum penyusunan rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dan momentum pergantian kepemimpinan nasional," kata Direktur Eksekutif Setara Institute Ismail Hasani, Kamis (10/10/2024).


Setara Institute telah melakukan riset dan mengkaji instansi Polri dalam kurun waktu tiga tahun terakhir dan lembaga tersebut menemukan 130 permasalahan di tubuh Polri.


"Memang perlahan telah diselesaikan oleh Polri dan bahkan tingkat kepercayaan publik dari beberapa hasil survei menunjukkan adanya peningkatan"


Namun lanjut Ismail masih ada beberapa yang masih belum terurai, untuk itu pihaknya mencoba merangkum dan mendokumentasikan hal-hal yang menjadi keresahan masyarakat terhadap institusi Polri.

"Baru di bawah kepemimpinan Pak Prabowo kami akan sampaikan hasil riset sebagai aspirasi publik, baik dari pakar maupun masyarakat bisa menjadi dasar penyusunan kebijakan penguatan transformasi Polri," tuturnya dikutip Antara.

Ismail berharap dengan riset yang dilakukan oleh lembaganya tersebut dapat menjadi masukan agar institusi Polri dapat menjadi institusi yang demokratis dan humanis, Polri yang berintegritas dan antikorupsi, Polri yang modern dan yang terakhir Polri yang presisi transformatif.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: