Menkeu Sri Mulyani Bicara Pentingnya Pemanfaatan Optimal Aset Negara

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 10 Oktober 2024 | 07:33 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto/Setkab).
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto/Setkab).

BeritaNasional.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan pentingnya pengelolaan aset negara secara optimal. Ia berkata bahwa aset negara yang telah diperoleh perlu dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

“Pengelolaan aset negara adalah tantangan dan sekaligus fondasi penting dalam keuangan negara,” ujar Sri Mulyani sebagaimana dikutip dari laman Kemenkeu, Kamis (10/10/2024).

Bendahara Negara ini mengapresiasi Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang mengadakan kompetisi bagi para aset manajer untuk berinovasi dalam memanfaatkan aset pemerintah. 

Dia memandang, hal ini bukan hanya soal mengelola aset, tetapi juga membangun kesadaran bahwa aset-aset ini adalah cerminan dari peradaban bangsa Indonesia. 

Kemudian, kata Sri Mulyani, tata kelola yang baik dapat meningkatkan nilai ekonomi, sosial, dan budaya dari aset-aset tersebut, yang secara tidak langsung juga berkontribusi pada pertumbuhan nasional.

Lalu, ia menyatakan bahwa saat ini masih banyak aset negara yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Ia menyampaikan pentingnya prinsip The Best and the Highest Use dalam memanfaatkan aset-aset negara agar tidak underutilized.

“Aset negara tidak boleh ‘tidur’, mereka harus bekerja keras untuk bangsa. Dengan cara ini, kita bisa menciptakan nilai tambah yang akan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Sri Mulyani mengajak agar Kementerian Keuangan tidak hanya dikenal sebagai pengelola keuangan negara saja, tetapi juga sebagai pihak yang aktif dalam mengelola kekayaan negara. 

“DJKN mengelola lebih dari Rp12.000 triliun, dan inilah yang perlu disampaikan kepada masyarakat  bahwa kekayaan negara yang dikelola dengan baik dapat membawa manfaat luas,” tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: