Pertemuan Jokowi dan Prabowo di Plataran Senayan, Begini Respons PDIP

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 10 Oktober 2024 | 07:31 WIB
Jokowi bertemu Prabowo (Foto/Instagram Jokowi)
Jokowi bertemu Prabowo (Foto/Instagram Jokowi)

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan menilai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto merupakan hal yang biasa. Apalagi menjelang transisi pemerintahan.

"Itu kan pertemuan yang normal-normal saja antar presiden terpilih dan presiden eksisting yang akan segera terjadi pelantikan. Itu mungkin aja kan pertemuan yang kayak gitu kan menurut saya sih ya biasa-biasa aja," kata Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul kepada wartawan, dikutip Kamis (10/10/2024).

Menurut Pacul yang perlu diperhatikan adalah apa yang menjadi keputusan yang dihasilkan dari pertemuan tersebut. PDIP tidak ingin ikut campur lebih jauh.

"Apalagi emang udah connect dari awal. kan begitu. Iya toh? jadi, bahwa setiap kali pertemuan para tokoh politik pejabat publik ada yang dibicarakan hal-hal tertentu, wajar-wajar aja. Nanti kita lihat saja keputusan-keputusannya apa. Gitu toh?," kata wakil ketua MPR RI ini.

Pacul pun enggan berspekulasi apa yang menjadi pembicaraan antara Jokowi dan Prabowo.

"Pasti aku gak tau. Bahwa analisis boleh saja. Bertanya yang sifatnya spekulatif boleh saja. Tetapi kemudian aku mengatakan bahwa ini begini, tadi malem pertemuan isinya ini, itu ngarang itu. Bohong-bohong itu ya toh? bohong," ujarnya.

Ia juga enggan memaknai macam-macam apa yang menjadi sinyal pertemuan antara Jokowi dan Prabowo.

"Saya tidak akan memaknai, karena saya bukan pengamat. Pengamat yang memaknai, kalau politisi menganalisis, kemudian meletakan dalam format putusan. Putusan apa kan begitu," ujar Pacul.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo makan malam bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto di Plataran, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). Pertemuan itu diunggah oleh Jokowi melalui akun instagramnya.

Jokowi dan Prabowo satu meja makan malam bersama. Keduanya terlihat berbincang santai dan akrab.

"Diskusi santai sambil santap malam bersama presiden terpilih Pak @prabowo. Tidak terasa dua jam lebih," ujar Jokowi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Prabowo. Tidak hanya dalam forum formal, tetapi juga informal seperti makan malam di Plataran ini.

"Presiden Jokowi selalu menjalin komunikasi yang erat dan intens dengan Presiden Terpilih di setiap kesempatan, baik dalam forum-forum formal maupun pertemuan informal," kata Ari kepada wartawan.

Kebersamaan Jokowi dan Prabowo ini untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan baik dan lancar.

"Kebersamaan antar dua pemimpin bangsa ini sangat diperlukan untuk memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan lancar," kata Ari. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: