Indonesia Usulkan Reaktivasi Komunikasi Antara Penjabat Tinggi ASEAN

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Kamis, 10 Oktober 2024 | 13:05 WIB
(Wapres Ma'ruf Amin/Setneg)
(Wapres Ma'ruf Amin/Setneg)

BeritaNasional.com -  Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengusulkan reaktivasi komunikasi langsung antarpejabat tinggi ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk membahas situasi di Laut China Selatan yang masih dalam ketegangan.

"Saya mengusulkan reaktivasi jalur komunikasi langsung antarpejabat tinggi ASEAN dan Republik Rakyat Tiongkok yang disepakati sejak 2016 untuk mencegah insiden di Laut China Selatan," kata Wapres Ma'ruf Amin. 

Wapres yang hadir dalam pertemuan tingkat tinggi ASEAN-RRT sebagai rangkaian KTT Ke-45 ASEAN di Vientiane Laos, Kamis (10/10/2024) juga menekankan konflik di Laut China Selatan akan berdampak pada kawasan Asia Tenggara dan dunia.


Untuk itu, ia mengajak agar negara anggota ASEAN dan Tiongkok dapat menyelesaikan sengketa secara damai melalui dialog dengan menghormati hukum internasional, khususnya Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) yang diadopsi pada tahun 1982. Selain itu juga memandang penting penyelesaian Kode Tata Perilaku (Code of Conduct) antara ASEAN-RRT pada tahun 2026.

Adapun isu ketegangan di Laut China Selatan menjadi salah satu topik dalam rangkaian KTT Ke-45 ASEAN di Laos, selain juga membahas krisis di Myanmar dan konflik di jalur Gaza.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: