DPRD DKI: Anggaran Sekolah Gratis Capai Rp 1,7 Triliun

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 10 Oktober 2024 | 14:25 WIB
DPRD DKI sebut anggaran sekolah gratis capai Rp 1,7 Triliun (Beritanasional/Lydia)
DPRD DKI sebut anggaran sekolah gratis capai Rp 1,7 Triliun (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Ima Mahdiah mengungkapkan, anggaran untuk merealisasikan program sekolah swasta gratis mencapai Rp1,7 triliun. 

Ima mengatakan, anggaran ini sudah dimasukkan dalam APBD DKI Jakarta pada tahun anggaran 2025.

Ima berujar, anggaran ini cukup besar karena banyak anak dari keluarga tidak mampu yang diterima di sekolah swasta.

"Kalau enggak salah (anggaran sekolah swasta gratis) Rp 1,7 triliun karena banyaknya anak-anak yang tidak mampu yang dia harus sekolah di swasta," kata Ima kepada wartawan, Kamis (10/10/2204).
 
Politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu pun menegaskan bahwa program sekolah gratis rencananya diterapkan untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Namun, sekolah swasta yang melayani program ini bukanlah sekolah bergengsi.

Meski demikian, pada penerapannya murid dipastikan tidak perlu membayar uang sekolah, uang seragam, hingga uang buku pembelajaran. 

"Misalkan ada kerjasama dengan satu sekolah, itu full (dibiayai). Misalkan jumlah muridnya itu 300 siswa, ya itu 300-300-nya kita alokasikan ke tempat tersebut," jelas Ima. 

"Itu (biaya) termasuk seragam, termasuk buku. Memang itu nilai angkanya tinggi tetapi memang anak-anak itu memang anak-anak yang tidak mampu," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi E DPRD DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan telah menandatangani perjanjian kerja sama alias MoU sebagai tanda terealisasiikannya program sekolah gratis. Adapun penandatanganan MoU ini dilaksanakan pada 20 Agustus 2024 lalu.

MoU itu dilakukan untuk memastikan program sekolah swasta gratis yang diusulkan DPRD dapat terlaksana dan dirasakan manfaatnya oleh anak-anak Jakarta pada 2025.

“Alhamdulillah, sekolah gratis ini bisa terwujud. Tanggal 20 Agustus ada (MoU) antara Komisi E dengan Dinas Pendidikan yang isinya adalah kesepakatan bahwa mulai tahun 2025 sudah berjalan sekolah gratis di Jakarta,” kata Ketua Komisi E 2019-2024 Iman Satria saat pembahasan APBD Perubahan (APBD-P) 2024, dikutip Senin (12/8/2024).

Iman pun mengaku senang karena usulan DPRD DKI akan terwujud sebentar lagi. 

“Hal yang menarik adalah telah tercapai kesepakatan antara eksekutif dengan kita di komisi E untuk merealisasikan sekolah gratis. Semua anggota di Komisi E, semua komisi dan semua fraksi di DPRD setuju untuk menerapkan sekolah gratis di DKI,” ujar Iman.

Lebih lanjut, Iman menilai bahwa realisasi sekolah gratis menjadi salah satu warisan DPRD Jakarta dalam mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan.

Ia juga berharap, gagasan dasar dari sekolah gratis bisa mengatasi masalah-masalah yang ada dalam dunia pendidikan di Jakarta. 

“Itu adalah kesepakatan komitmen kita dan menjadi legacy Komisi E Periode 2019-2024. Dengan adanya sekolah gratis, masalah-masalah seperti ijasah ditahan sekolah, masalah bayaran dan seterusnya tidak ada lagi,” ucap Iman.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: