4 Korban Meninggal Akibat Kebakaran Speedboat Cagub Maluku Utara Benny Laos

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 16:25 WIB
Proses pemadaman speedboat yang ditumpangi Benny Laos. (Foto/dok Polisi)
Proses pemadaman speedboat yang ditumpangi Benny Laos. (Foto/dok Polisi)

BeritaNasional.com - Insiden kebakaran speedboat yang mengangkut rombongan calon gubernur Maluku Utara (Malut) nomor urut 4 Benny Laos memakan empat korban jiwa.

“Sementara empat ya (yang meninggal),” kata Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo saat dikonfirmasi pada Sabtu (12/10/2024).

Dia memastikan empat korban meninggal. Di antaranya, anggota DPRD Malut, Ester; Ketua DPW PPP Malut Mubin A. Wahid; Bripka Hamdani Buamonabot; dan satu operator speedboat yang belum diketahui identitasnya.

Sementara itu, Totok menyebut bahwa Cagub Malut Benny Laos masih dalam perawatan RJP/pompa jantung. Meskipun akibat insiden tersebut, dia mengalami luka-luka patah kaki dan luka bakar.

“(Benny) Masih perawatan,” ujarnya.

Sementara itu, kronologi kejadian, kata Totok, berawal dari speedboat 72 yang ditumpangi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Malut No Urut 4 Benny Laos-Sabrin Sehe sekitar pukul 14.05 WIT tengah berlabuh di Desa Bobong, Taliabu Barat,Pulau Taliabu.

“Sebelum kejadian ledakan, Wakapolres Pulau Taliabu Kompol Sirajudin bersama Kasie Dokkes merapat ke Speedboat untuk mengecek aktivitas paslon dan mengingatkan untuk berhati-hati saat pengisian BBM,” kata Totok.

“Karena saat pengisian BBM kondisi mesin kapal, kompor listrik, AC dan genset di dalam speed boat dalam keadaan menyala,” tambahnya.

Namun tidak lama, sekitar 10 menit perbincangan. Aparat kepolisian pun turun dari speedboat. Selang 5 menit terjadilah ledakan bersama kobaran api di speedboat tersebut. 

“Untuk Jumlah rombongan belum diperkirakan jumlahnya dan untuk rombongan yang sudah di evakuasi berjumlah 10 orang,” ujarnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: