Apakah Indonesia Masih Bisa Lolos Piala Dunia 2026?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 13 Oktober 2024 | 07:34 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Peluang Timnas Indonesia untuk maju ke Piala Dunia 2026 masih terjaga meskipun ditahan imbang 2-2 oleh Bahrain di matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024) malam WIB.

Pertandingan tersebut diwarnai kontroversi kepemimpinan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf yang akhirnya membuat kemenangan Indonesia menjadi buyar. 

Saat itu, Indonesia sudah unggul 2-1 dari Bahrain lewat gol yang dilesatkan oleh Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick. Akan tetapi tuan rumah justru mampu membuat gol penyama kedudukan di menit 90+9 melalui sepakan Mohamed Marhoon.

Kontroversi ini dimulai ketika pertandingan memasuki menit ke-90, perangkat pertandingan mengangkat papan petunjuk bertuliskan angka enam pertanda injury time bakal berlangsung selama enam menit. 

Namun ketika pertandingan sudah memasuki menit keenam masa injury time, wasit Ahmed Al Kaf tidak juga meniup peluit. Pertandingan terus berjalan bahkan ketika laga sudah memasuki menit kesembilan masa injury time.

Bahrain mendapatkan peluang melalui sepak pojok. Dalam skema sepak pojok itu, Marhoon bisa menyambar bola dan melesatkan si kulit bundar ke gawang. Skor berubah jadi 2-2 di menit kesembilan masa injury time.

Bagaimana peluang lolos?

Tambahan satu poin tetap sebuah hasil yang baik bagi Timnas Indonesia dikarenakan bermain tandang. Hasil ini bukan saja menjaga catatan belum kalah Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tetapi yang lebih penting menjaga asal lolos ke putaran final.

Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia telah mengoleksi tiga poin. TImnas Indonesia berada posisi kelima dari tiga laga yang sudah dilaksanakan.

Posisi nomor wahid Grup C kini dihuni Jepang dengan torehan sembilan poin. Mereka dibuntuti Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang sama-sama mengoleksi empat poin.

Peluang Timnas Indonesia untuk memperbaiki posisi terbuka karena hanya terpaut satu poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain. Persaingan juga masih akan sengit karena masih ada tujuh laga tersisa buat Tim Garuda.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: