Festival Domba-Kambing Hidupkan Usaha Ternak

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 14 Oktober 2024 | 09:32 WIB
Ilustrasi Festival Domba-Kambing (Foto/Pixabay)
Ilustrasi Festival Domba-Kambing (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berupaya menghidupkan usaha peternakan melalui Festival Ternak Domba-Kambing dan Seni Ketangkasan Domba tingkat kabupaten di Stadion Pakansari, Cibinong.

Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk integrasi antara peternakan dengan budaya dan pariwisata Kabupaten Bogor.

Menurut dia, usaha ternak tidak hanya untuk menghasilkan bibit unggul, melainkan juga mulai memperhatikan segi komersial dan menjadi daya tarik pariwisata, sehingga menjadi nilai tambah bagi pelaku usaha peternakan dan masyarakat sekitar.

Hal itu sejalan dengan slogan Kabupaten Bogor Sport and Tourism, menjadikan pariwisata seni dan budaya sebagai sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

“Pada prinsipnya Pemkab Bogor akan terus berkomitmen untuk meningkatkan daya saing produk peternakan melalui peningkatan produktivitas dan meningkatkan kompetensi SDM pelaku usaha peternakan," ujarnya dikutip dari Antara.

Ia juga mengajak seluruh peternak meningkatkan kreativitas dan produktivitas ternak unggulan lokal asli Indonesia. Ini dilakukan guna memperkuat ketahanan pangan berbasis sumber daya ternak lokal.

Bachril mengatakan, peternak perlu terus berpartisipasi aktif dalam upaya pemajuan kebudayaan daerah melalui berbagai festival seni dan budaya.

Khususnya, kata dia, komoditas domba garut yang bukan hanya sebagai ternak penghasil daging, tetapi sekaligus memiliki daya pikat pariwisata melalui ketangkasan domba.

"Kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi, tukar pengalaman dalam upaya menghasilkan bibit ternak yang berkualitas, memperluas jangkauan pasar baik domestik maupun ekspor dan menarik minat masyarakat. Juga dapat mengenal dunia peternakan serta dapat melahirkan pelaku usaha peternakan baru,” ujarnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: