BMKG Peringatkan Hujan di Berbagai Kota Besar Indonesia, Jakarta Berawan

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 14 Oktober 2024 | 09:00 WIB
Jakarta berawan hari ini menurut BMKG. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Jakarta berawan hari ini menurut BMKG. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk bersiap menghadapi hujan di beberapa kota besar di Indonesia, sementara wilayah lain akan mengalami cuaca berawan.

Prakirawan BMKG, Rif’at Darajat, dalam prakiraan cuaca yang disampaikan secara daring pada Senin,(14/10/2024), mengungkapkan bahwa hujan petir diperkirakan akan terjadi di beberapa kota di Pulau Sumatera, termasuk Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Bandar Lampung.

Ia juga menyebutkan bahwa Banda Aceh berpotensi mengalami petir, sementara Palembang berpotensi hujan dengan intensitas sedang, dan Padang serta Pekanbaru berpotensi mengalami hujan ringan.

Di Pulau Jawa, BMKG memperkirakan hujan ringan di Serang dan Bandung, dengan cuaca berawan tebal di Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Sementara itu, Yogyakarta diprediksi akan cerah berawan.

Wilayah Mataram dan Kupang juga akan mengalami cuaca cerah berawan, sedangkan Denpasar diperkirakan akan berawan.

Masyarakat di Pulau Kalimantan, khususnya di Tanjung Selor dan Samarinda, diimbau untuk mempersiapkan payung atau jaket hujan karena potensi hujan sedang. Sementara itu, Pontianak dan Palangka Raya diprediksi akan mengalami hujan ringan, sedangkan Banjarmasin akan berawan.

Di Sulawesi, BMKG menginformasikan kemungkinan hujan lebat di Mamuju, hujan dengan intensitas sedang di Manado, dan hujan ringan di Gorontalo, Palu, dan Kendari. Makassar diperkirakan akan berawan tebal.

Di wilayah timur Indonesia, hujan ringan dapat terjadi di Sorong, Manokwari, dan Jayapura, dengan potensi hujan sedang di Ternate, Nabire, Merauke, dan Jayawijaya. Kota Ambon diperkirakan akan mengalami cuaca berawan tebal.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: