Perpindahan Ibu Kota Ridwan Kamil: Kita Dukung

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 14 Oktober 2024 | 10:11 WIB
Ridwan Kamil-Suswono (Istimewa/BeritaNasional)
Ridwan Kamil-Suswono (Istimewa/BeritaNasional)

BeritaNasional.com- Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil menanggapi isu terkait Jakarta yang akan tetap menjadi Ibu Kota dalam beberapa tahun ke depan akibat pemerintah tak kunjung mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan Ibu Kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia menyerahkan seluruh putusan tersebut kepada pemerintah. Sebab, warga negara yang baik akan selalu mendukung putusan pemerintah yang diambil.

"Yang penting negara memutuskan saja yang terbaik, ya. Kalau itu terbaiknya seperti itu, kita terima apapun kita dukung," kata Ridwan Kamil kepada wartawan di Jakarta Timur, Minggu (14/10/2024).

Putusan yang diambil pemerintah pasti sudah memertimbangkan berbagai aspek hingga akhirnya ada keputusan final. 

"Karena sebagai rakyat tentu kita harus paham dan mendukung apapun pemerintah pusat. Mau tetap IKN, mau namanya Twin Cities silakan diputuskan. Ya, mudah-mudahan yang terbaik buat masyarakat," ujar RK.

Untuk diketahui, Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) mengungkapkan bahwa Jakarta dan IKN bisa menjadi Ibu Kota secara bersamaan. Konsep dua Ibu Kota ini disebut sebagai Twin Cities.

Ketua Umum ASPI Adiwan Fahlan Aritenang mengatakan, konsep Twin Cities akan membuat Jakarta menjadi Ibu Kota de jure dan IKN Ibu Kota de facto.

Adapun usulan ini sudah disampaikan kepada Utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional IKN Bambang Susantono.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: