Melihat Peluang Timnas Indonesia untuk Lolos Piala Dunia 2026 Usai Ditumbangkan China, Bagaimana?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 16 Oktober 2024 | 10:01 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Usai tumbang 1-2 dari China di matchday keempat babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 masih terjaga.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia belum bisa memberikan tambahan poin penting untuk mengamankan posisi di klasemen grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kini, skuad Garuda berada di peringkat kelima klasemen sementara.

Indonesia baru mendapatkan tiga poin dari empat laga yang sudah dijalankan. Torehan Indonesia sama dengan China yang berada di dasar klasemen.

Jepang berada di puncak klasemen dengan torehan 10 poin dari empat laga yang dimainkan. Menariknya di posisi kedua, ketiga dan keempat semuanya memiliki poin sama yakni 5. Posisi kedua ada Australia dengan 5 poin, ketiga ada Arab Saudi torehan 5 poin dan keempat ada Bahrain 5 poin

Hasil minor ini tidak membuat peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026 tertutup. Ya, Skuad Merah Putih masih bisa lolos karena masih ada enam laga yang tersisa.

Indonesia hanya terpaut 2 poin dari Australia, Arab Saudi dan Bahrain yang sudah mengoleksi 5 poin. Untuk menjaga asa lolos tersebut di enam laga tersisa Grup C Indonesia harus meraih kemenangan.
Bila mampu meraih kemenangan di enam laga sisa, Timnas Indonesia akan meraih 18 poin. Namun jika berbicara realistis hal tersebut akan sulit dilakukan oleh Jay Idzes dan kawan-kawan untuk meraih kemenangan di enam laga sisa.

Jika tak bisa menduduki posisi pertama dan kedua, untuk lolos ke Piala Dunia 2026 Indonesia harus merebut posisi ketiga dan keempat.

Sebagai catatan, hanya peringkat 1 dan 2 yang lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026. Sementara di peringkat  peringkat ke-3 dan ke-4 akan memainkan babak keempat kualifikasi.

Laga Indonesia vs Jepang dijadwalkan pada 15 November 2024. Empat hari kemudian timnas Indonesia menjamu Arab Saudi. Jika mampu menahan imbang di enam laga, pasukan Garuda hanya akan menambah enam poin, dengan poin sementara saat ini 3. 

Artinya di hasil akhir grup C, Indonesia skenario terburuk mendapat sembilan poin.

Berikut klasemen Grup C sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026:

Jepang 10 poin

Australia 5 poin

Arab Saudi 5 poin

Bahrain 5 poin

Indonesia 3 poin

China 3 poinsinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: