Menanti Pertemuan Prabowo dan Megawati Terlaksana

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 18 Oktober 2024 | 09:13 WIB
Prabowo subianto (kiri) dan Megawati Soekarnoputri (kanan). (Foto/Instagram/Prabowo).
Prabowo subianto (kiri) dan Megawati Soekarnoputri (kanan). (Foto/Instagram/Prabowo).

BeritaNasional.com - Pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri masih menjadi tanda tanya. Tak dipungkiri, pertemuan kedua tokoh bangsa ini sangat dinantikan oleh masyarakat.

Kabar ini muncul setelah sebelumnya Presiden terpilih Prabowo Subianto kerap bertemu dengan Ketua Umum Partai Politik setelah perhelatan pesta demokrasi. Namun, tinggal Megawati yang belum ditemui oleh PDIP.

Kemudian isu mengenai pertemuan ini muncul usai PDI-P disebut bakal bergabung ke dalam koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Diketahui, PDI-P saat ini menjadi satu-satunya partai yang belum bergabung atau menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Digadang-gadang pertemuan akan berlangsung sebelum Prabowo dilantik menjadi Presiden.

Lalu, kabar semakin mencutat pertemuan Prabowo dan Megawati akan berlangsung pada hari Kamis (17/10/2024) bertepatan dengan momen hari ulang tahun Ketua Umum Gerindra tersebut.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani belum bisa memastikan kapan pertemuan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan digelar.

"Insya Allah," katanya singkat kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2024)

Hanya saja, kabar yang berhembus tersebut tidak terlaksana pada tanggal 17 Oktober kemarin. Prabowo justru bertemu dengan Ketua Umum Parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kementerian Pertahanan.

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap isi pertemuan dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024).

AHY mengatakan pertemuannya dengan Prabowo berfokus pada persiapan pelantikan presiden pada Minggu (20/10/2024).

‘’Ya, tentunya bersama para ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju kita bisa kembali bersilaturahmi dan saling berbagi cerita, termasuk kita fokus pada hari-hari ke depan menjelang 20 Oktober,’’ ucapnya saat diwawancarai.

Sudah Dinantikan Sejak Lama

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo menanggapi rencana pertemuan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Adik Prabowo ini mengungkap, ketua umum Gerindra itu sudah menunggu pertemuan dengan Megawati sejak dua tahun lalu.

"Bapak Prabowo sudah menunggu dua tahun, dua tahun," kata Hashim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Namun, saat ditanya kembali soal pertemuan itu Hashim tidak menjawab. Ia hanya diam ketika ditanya pertemuan Prabowo dan Megawati.

Sementara itu, Prabowo Subianto mengkonfirmasi akan bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

"Insya Allah. Mudah-mudahan sebelum pelantikan," ujar Prabowo ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: