Intip Kecanggihan Super Apps ‘Satu SDM’ Polri, Bisa Kelola Seluruh Personel dalam 1 Aplikasi

Oleh: Bachtiarudin Alam
Jumat, 18 Oktober 2024 | 12:30 WIB
Launching Super Apps ‘Satu SDM’ Polri, (Foto/Humas Polri)
Launching Super Apps ‘Satu SDM’ Polri, (Foto/Humas Polri)

BeritaNasional.com - Beragam inovasi terus dilakukan oleh Polri, salah satunya untuk mengemban tugas berat dalam mengelola SDM Polri yang mencapai 481.935 personel di seluruh Indonesia. 

Tantangan itu kini telah terjawab dengan kehadiran Aplikasi Satu SDM sebagai pengitegrasian dan penyempurnaan berbagai aplikasi yang sudah dimiliki Polri terkait sumber daya manusia.

“Aplikasi Satu SDM berfungsi sebagai alat penting bagi pimpinan dalam mengambil kebijakan strategis terkait pengelolaan dan pembinaan karir SDM Polri,” kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keteranganya, Jumat (18/10/2024).

Menurutnya, terobosan ini dilakukan untuk menciptakan sistem yang bisa mendukung pengelolaan SDM secara efisien dan terintegrasi dalam menghadapi tantangan global di masa depan.

Karena setiap organisasi khususnya Polri memerlukan data yang bersifat riil dari setiap tingkatan manajemennya. Maka dari itu, lewat aplikasi Satu Data SDM nantinya akan terpantau status personel mulai dari mendaftar sampai sampai pensiun.

“Aplikasi ini juga menjadi rumah bagi berbagai layanan SDM yang sebelumnya berdiri sendiri-sendiri. Sehingga memberikan akses yang lebih mudah dan terintegrasi dalam berbagai aspek manajemen sumber daya manusia,” terangnya.

“Dengan adanya sistem yang terkonsolidasi ini, proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, akurat, dan berbasis data yang valid,” tambah Jenderal Bintang Dua Polri tersebut.

Selain itu, keunggulan aplikasi Satu SDM juga dapat merekam jejak individu personel lebih akurat yang sebelumnya 23 karakter menjadi 42 karakter dan terintegrasi ke E-candidat. Hal ini memperkuat proses meritokrasi dalam menjaring calon-calon pemimpin Polri.

“E-candidate memungkinkan penilaian dan seleksi calon berdasarkan prinsip meritokrasi, menjamin bahwa setiap personel yang dipromosikan benar-benar memiliki kompetensi dan potensi yang dibutuhkan,” bebernya.

Seperti sistem informasi SDM lainnya Satu Data SDM mengelola tentang Seleksi dan Rekrutmen, Pelatihan dan Pengembangan, Compensation and Benefit, Manajemen Kinerja, Perencanaan Karir, Hubungan Karyawan, Separation Management, dan Personnel Administration and HRIS dengan cita-cita penyajian informasi sumber daya manusia Polri yang cepat tepat efisien dalam pengelolaannya.

“Aplikasi Satu SDM tidak hanya bermanfaat bagi Polri dalam upaya mencetak SDM unggul, tetapi juga bagi masyarakat luas yang akan merasakan dampak positif dari peningkatan kualitas pelayanan kepolisian di masa mendatang,” jelasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: