Seorang Petugas Damkar Gugur Usai Padamkan Api di Pasar Cisalak Depok

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 13:00 WIB
Ilustrasi pemada kebakabara. (Foto/freepik).
Ilustrasi pemada kebakabara. (Foto/freepik).

BeritaNasional.com - Martinnius Reja Panjaitan seorang Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok gugur ketika memadamkan kebakaran yang menghanguskan rumah potong hewan Pasar Cisalak, Depok, Jumat (18/10//2024) malam.

“Terkait meninggalnya anggota kami, penyebab kami kurang paham karena hal medis,” kata Kasi Penyelamatan DPKP Kota Depok, Tessy Haryati saat dihubungi, Sabtu (19/10/2025).

Saat itu, kata Tessy, pihaknya telah mencoba memberikan pertolongan dengan segera melarikan Martinnius ke rumah sakit terdekat. Usai mengeluhkan, sesak nafas saat proses pendinginan di TKP.

“Namun sudah kami upayakan ybs dilarikan ke rumah sakit terdekat yaitu sentra medika untuk penanganan lebih lanjut dengan ambulance, saat sirkulasi anggota. Keluhan sesak nafas setelah selesai pemadaman saat proses pendinginan TKP Pasar Cisalak,” kata Tessy.

Tessy pun belum bisa menjelaskan penyebab dari meninggalnya Martinnius. Sebab, dalam proses pemadaman, dia mengklaim seluruh prosedur keselamatan telah dijalankan. 

“Pake itu alat itu nozzle dan selang, apd itu helm, baju tahan api sama sepatu tahan panas. Pake semua itu personil yg masuk TKP,” jelasnya.

“Kalo masker tidak pakai karena TKP tersebut adalah 80% ruang terbuka. Jadu masih dimungkinkan untuk sirkulasi udara. Masker dipakai jika pada ruang terbatas, dan sepasang dengan tabung udara murni, namanya SCBA,” tambah dia.

Oleh sebab itu, Tessy belum bisa berkomentar apakah penyebab meninggalnya Martinnius akibat asap dari kebakaran atau tidak. Karena, terkait itu ada pihak medis yang berwenang menjelaskan.

“Apakah korban dampak dari kebakaran seperti asapnya? Nah itu medis yang tentukan, kami hanya upayakan bawa korban ke faskes terdekat secepatnya,” jelasnya.

Adapun kebakaran terjadi sekira pukul 19.40 WIB, melanda rumah potong ayam seluas 1.000 m di Pasar Cisalak, Cimanggis, Kota Depok, pada Jumat (18/10/2024) kemarin.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: