Naik MRT, LRT, dan Bus Transjakarta Cuma Rp 1 saat Hari Pelantikan Prabowo Besok

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 15:30 WIB
Suasana Stasiun LRT di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Suasana Stasiun LRT di Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Tarif menaiki moda transportasi MRT, LRT, dan bus Transjakarta hanya Rp 1 pada hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029 Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024). 

Masyarakat di sekitar Jakarta tentu sangat menyambut tarif khusus ini, apalagi akan ada pesta rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga kawasan Monas saat pelantikan Prabowo Subianto.

Pemprov Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberlakukan tarif angkutan umum, seperti Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta, menjadi hanya Rp1 pada tanggal tersebut untuk mendukung kelancaran acara dan memudahkan akses masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan angkutan umum saat menghadiri kemeriahan pesta rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga Monas,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada Jumat (18/10/2024).

Layanan Mikrotrans, Transjakarta Cares, serta layanan gratis bagi masyarakat tertentu juga tetap berlaku.

Syafrin berharap masyarakat bisa meramaikan kawasan Sudirman-Thamrin tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi setelah adanya tarif spesial tersebut.

Dia menuturkan kemudahan akses ke area perayaan akan mendukung kelancaran acara dan memastikan pesta rakyat benar-benar meriah karena terdapat 13 panggung hiburan yang siap menghibur masyarakat.

Syafrin menuturkan pihanya menyiapkan langkah antisipasi dengan penyiapan layanan feeder service dari Transjakarta di Stasiun Manggarai untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah penumpang di stasiun-stasiun strategis. 

Salah satu layanan ini disiapkan untuk membantu operasional KRL yang menuju Stasiun Gondangdia dan Sudirman.

“Kami harapkan sebagian penumpang KRL bisa menggunakan layanan Transjakarta yang tetap dikenakan tarif Rp 1 pada hari tersebut,” tuturnya.

Syafrin mengungkapkan ribuan orang diperkirakan hadir dalam pesta rakyat ini. Jadi. angkutan umum dimaksimalkan untuk mengurangi kemacetan dan mempermudah pengaturan lalu lintas.

“Kami mengimbau masyarakat menggunakan angkutan umum yang disiapkan, apalagi tarif yang sangat murah,” tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: