Kebakaran Rumah Terjadi di Penjaringan, Diduga karena Kompor Minyak Terbakar

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 14:20 WIB
Ilustrasi kebakaran rumah. (FotoFreepik)
Ilustrasi kebakaran rumah. (FotoFreepik)

BeritaNasional.com - Kebakaran rumah yang terjadi di Jalan Kertajaya 3, Penjaringan, Jakarta Utara, dipicu oleh kompor minyak yang terbakar sehingga merembet ke peralatan rumah lain.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Gatot Sulaeman

Gatot mengatakan rumah yang terbakar merupakan bangunan semipermanen seluas sekitar 36 meter persegi.

"Diduga kebakaran dipicu kompor minyak dari bagian dapur," ujarnya yang dikutip dari Berita Jakarta pada Sabtu (19/10/2024).

Gatot menjelaskan kronologi kebakaran tersebut. Saat kejadian, lanjut dia, pemilik tengah memasak air dalam dandang di kompor minyak sambil menyiapkan dagangan nasi uduk di depan rumahnya.

Namun, air yang dimasak telah habis sehingga memicu api membesar, lalu merembet menjadi kebakaran.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka berat dalam kejadian ini," ucapnya.

Diketahui, enam mobil pemadam dengan kekuatan 30 personel Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu berhasil mengatasi api yang membakar rumah warga di Jalan Kertajaya 3, RT 12, RW 14, Kelurahan Penjaringan, ini.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristantio menuturkan pihaknya menerima informasi kejadian pada Sabtu (19/10/2024) sekitar pukul 04.35 WIB dari laporan warga melalui telepon seluler ke command centre.

Pihaknya langsung menerjunkan petugas untuk melakukan penanganan. Tim pertama tiba di lokasi sekitar pukul 04.47 dan segera melakukan penanganan.

"Total kami kerahkan enam unit mobil pemadam dengan 30 personel. Sekitar pukul 05.19 proses pemadaman dinyatakan rampung," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: