Kena Flu, Megawati Tak Bisa Hadiri Pelantikan Prabowo sebagai Presiden

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 13:51 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/oke atmaja)
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/oke atmaja)

BeritaNasional.com - Presiden Kelima dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tidak bisa hadir di pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober. Kondisi Megawati sedang tidak sehat setelah lawatan ke Rusia dan Uzbekistan.

"Undangan dengan Presiden Kelima ibu Mega sudah kami sampaikan dan undangan dari tanda terima kami sudah sampai ke alamat beliau, namun dari keterangan yang kami dapatkan posisinya Ibu Mega baru saja tiba dari perjalanan lawatan ke Uzbekistan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Megawati, kata Muzani, terkena flu sehingga memutuskan untuk beristirahat dan tidak menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Menyebabkan ibu kondisinya kurang fit dan flu maka ibu memutuskan untuk beristirahat maka dengan sangat menyesal ibu memberikan kabar kepada kami melalui ketua Fraksi MPR PDIP Ahmad Basarah untuk beristirahat," jelas Muzani.

Sebagai gantinya, Megawati menginstruksikan seluruh anggota fraksi PDIP untuk hadir di pelantikan presiden dan wakil presiden tanpa terkecuali.

"Dan, beliau sebagai gantinya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota fraksi PDI Perjuangan agar seluruhnya hadir 110 dan menyukseskan acara besok dan memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri, termasuk keluar kota karena wajib datang besok," kata Muzani.

MPR mengapresiasi keputusan Megawati tersebut. Muzani berharap tanpa kehadiran Megawati tidak mengurangi kekhidmatan acara pelantikan.

"Karena itu, atas instruksi itu, kami merasa terhormat dan berterima kasih atas keputusan Ibu Mega dan mudah-mudahan acara besok tidak mengurangi khidmat dan kekhusyuan acara besok," kata Muzani.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: