Peringatan 21 Oktober, Mulai Hari Pikiran Hingga Kesadaran Reptil

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Minggu, 20 Oktober 2024 | 08:00 WIB
Seleberasi. (Foto/Freepik)
Seleberasi. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com -  Memeringati sesuatu kerap diukir dalam bentuk peringatan dengan menetapkan tanggal, hari, bula bahkan jam. Nah di tanggal 21 Oktober diperingati beragam oleh berbagai negara loh...mulai dari peringatan Hari Arsip Nasional di Filiphina hingga Hari Kesadaran Reptil.

Berikut ulasan singkatnya. 

1.Hari Semua Orang Menulis 

Peringatan ini dirayakan setiap tahun di Inggris Raya pada setiap 21 Oktober. Mengutip National Today, jika sekolah tidak bisa menyelenggarakan peringatan tanggal ini, mereka dianjurkan untuk merayakannya pada hari yang paling sesuai bagi mereka. Bahkan bisa bertepatan dengan Pekan Sains dan Teknik, Pekan Seni, atau Pekan Raya Musim Panas.

Di momen ini, bisanya sekolah dasar dan menengah mengubah kurikulum selama satu hari penuh untuk kegiatan menulis dalam segala bentuknya. Setiap murid dan anggota staf bisa menikmati kegiatan menulis dan orangtua secara sukarelawan. Sekolah bisa memilih untuk menyelenggarakan satu acara menulis sekala besar untuk melibatkan semua murid atau memilih serangkaian kegiatan menulis yang menyenangkan dan menarik

2. Hari Pencegahan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium Sedunia

Hari Pencegahan Kekurangan Yodium Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Oktober. Hari ini meningkatkan kesadaran masyarakat akan fungsi penting yodium dalam kesehatan manusia. Yodium adalah zat gizi mikro yang diperlukan untuk fungsi tiroid, serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat.

Menurut catatan sejarah, teks medis Tiongkok kuno yang berasal sekitar 3600 SM, adalah yang pertama kali mendokumentasikan pengurangan ukuran gondok setelah mengonsumsi rumput laut dan spons laut yang dibakar. Meskipun yodium belum ditemukan, obat-obatan ini tetap berhasil, dan penggunaannya terus berlanjut di seluruh dunia.

3. Hari Kembali ke Masa Depan (Back to the Future Day)

Peringatan ini pertama kali dirayakan pada t 2015. Ini menjadi tahun yang penting bagi penggemar berat film Back to the Future yang asli, karena film fiksi ilmiah klasik tahun 1985 ini telah berhasil meraup hampir $400 juta di seluruh dunia!

Marty McFly, Doc Brown, dan semua karakter yang mudah diingat dari trilogi ikonik film Back to the Future dirayakan pada tanggal 21 Oktober. Seri Back to the Future yang ikonik, bahkan epik, memberi jutaan orang pada tahun 1985 gambaran sekilas tentang seperti apa masa depan nantinya.

4. Perayaan Hari Pikiran

Peringatan ini diperingati pada tanggal 21 Oktober, bertepatan dengan hari ulang tahun matematikawan terkenal, Martin Gardner. Dikembangkan oleh Gathering 4 Gardner Foundation, perayaan ini dimaksudkan untuk menyatukan orang-orang selama sehari untuk menjelajahi teka-teki, permainan, matematika, dan sulap.

Martin Gardner adalah seorang penulis Amerika terkenal, memiliki banyak ilmu, dan ahli matematika yang juga seorang pesulap. Sepanjang hidupnya, ia memelopori matematika rekreasional, menulis lebih dari 100 buku tentang berbagai topik, dan memperkenalkan subjek yang belum pernah didengar khalayak luas. Karyanya menarik minat jutaan pembaca dan penggemar di seluruh dunia.

4. Hari Ras.

Hari ini dirayakan pada hari Senin ketiga bulan Oktober, dan tahun ini jatuh pada tanggal 21 Oktober. Pada hari ini memeringati kontak pertama antara orang Eropa dan penduduk asli Amerika. Perayaan ini juga menyoroti pertemuan kedua dunia sekaligus merenungkan kekayaan dan keragaman ras

5. Hari Arsip Nasional. Diperingati tanggal 21 Oktober setiap tahun di Filipina. Arsip Nasional Filipina adalah tempat penyimpanan resmi dokumen dan arsip publik di negara tersebut, tempat dokumen dan arsip tersebut disimpan, dilestarikan, dan disediakan bagi masyarakat umum untuk penelitian dan kajian.

6. Hari Kesadaran Reptil
Setiap tanggal 21 Oktober adalah Hari Kesadaran Reptil. Kadal-kadal selalu berkeliaran di teras belakang rumah. Pada tanggal 21 Oktober, kita merayakan semua jenis reptil yang bertujuan untuk mendidik dan meningkatkan kesadaran akan ancaman terhadap habitat alami mereka agar bertahan hidup.

Gimana kamu mau merayakan yang mana?sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: