Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Jokowi Tinggalkan Istana Merdeka

Oleh: Bachtiarudin Alam
Minggu, 20 Oktober 2024 | 09:35 WIB
Presiden Jokowi tinggalkan Istana. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Jokowi tinggalkan Istana. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat dari Istana Merdeka Jakarta menuju gedung Parlemen Senayan untuk menghadiri acara pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan pantauan, Minggu (20/10/2024) didampingi oleh Ibu Negara Irana, Jokowi nampak bersalaman terlebih dahulu bersalaman dengan petugas di Istana sekaligus berpamitan. Diketahui, Jokowi akan langsung kembali ke Solo usai menghadiri acara pelantikan.

Jokowi nampak berjalan dengan anak-anaknya seperti Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu beserta cucu-cucunya. Ia kemudian naik ke mobil hitam bertuliskan plat Indonesia 1.

Saat mobil meninggalkan Istana, Jokowi diarak oleh para pegawai di Istana. Momen ini sekaligus perpisahan Jokowi selama 10 tahun menjabat sebagai Presiden.


Sebelumya Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah tiba di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, untuk dilantik sebagai presiden RI 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024).

Berdasarkan pantauan Beritanasional.com, Prabowo tiba sekitar pukul 09.08 WIB dengan mobil dinas Kementerian Pertahanan. Dia pun terlihat menggunakan beskap dan peci.

Selepas turun dari mobil, Prabowo berjalan di karpet merah sambil hormat kepada seluruh panitia. Terlihat juga sang putra Didit Hediprasetyo berjalan di luar karpet merah.

Setibanya di dalam gedung, dia langsung disambut oleh Pimpinan MPR dan bersalaman-salaman. Momen salam-salaman ini juga disusul oleh Didit.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: