Mampu Lewati Tantangan Berat, Pimpinan MPR Puji Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 20 Oktober 2024 | 11:25 WIB
Ketua MPR RI Ahmad Muzani. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Ketua MPR RI Ahmad Muzani. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI Ahmad Muzani memuji pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang disebut mampu melewati berbagai macam tantangan berat.

Hal ini disampaikan Muzani dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2024-2029 di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Minggu (20/10/2024).

“Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan K.H. Ma’ruf Amin, pembangunan di segala sektor telah berhasil,” ujar Muzani.

“Indonesia berhasil menghadapi berbagai tantangan berat, mulai dari pandemi Covid-19, gejolak geopolitik global, hingga perubahan iklim. Meski diterpa berbagai ketidakpastian, kondisi politik dan ekonomi Indonesia tetap stabil dan mampu tumbuh secara berkelanjutan,” imbuh Muzani.

Begitu juga, kata Muzani, dalam hubungan internasional pemerintahan Jokowi-Ma’ruf memiliki komitmen untuk kemerdekaan Palestina.

“Dalam hubungan internasional, situasi global yang semakin kompleks. Salah satu isu yang ditangani secara tepat adalah perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak asasi mereka. Kita semua tahu bahwa Palestina bukan hanya masalah regional, tetapi juga merupakan persoalan kemanusiaan yang membutuhkan perhatian dan dukungan kita semua,” jelas Muzani.

Lebih jauh, Muzani menekankan apabila sebagai bangsa yang menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kemanusiaan, Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina. 

“Melalui diplomasi yang aktif, kita dapat memberikan suara kepada mereka yang terpinggirkan, serta mendorong komunitas internasional untuk bersatu dalam upaya mendukung hak-hak rakyat Palestina,” tutur Muzani.

Maka dari itu, Muzani berharap Presiden 2024-2029 Prabowo Subianto bisa tetap memiliki komitmen untuk terus menyuarakan dukungan kepada Palestina sehingga menjadi kebijakan utama politik luar negeri Indonesia.

“Oleh karena itu, kepada Presiden Prabowo Subianto, melalui mimbar yang terhormat ini, kami berharap agar dapat melanjutkan komitmen ini, menjadikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina sebagai bagian dari kebijakan politik luar negeri kita,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: