Gantikan Mayor Teddy, Kolonel Wahyo Yuniartoto Jadi Kandidat Ajudan Presiden Prabowo

Oleh: Bachtiarudin Alam
Selasa, 22 Oktober 2024 | 13:26 WIB
Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto. (Foto/wikipedia).
Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto. (Foto/wikipedia).

BeritaNasional.com - TNI Angkatan Darat (AD) telah mengirim satu nama sebagai kandidat ajudan Presiden Prabowo Subianto, yakni Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto seorang prajurit dari satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

“Jadi, memang yang bersangkutan itu ikut seleksi sebagai calon ajudan presiden. Wahyo itu dari Kopassus,” kata Kadispenad Brigjen TNI, Wahyu Yudhayana saat dikonfirmasi, Selasa (22/10/2024).

Wahyu menjelaskan, setelah nama Kolonel Inf Wahyo diserahkan. Nantinya keputusan penerimaan akan diputuskan oleh Setmilpres selaku pihak yang berwenang dalam seleksi ajudan presiden.

“Tapi kan kita masih menunggu keputusan dari Setmilpres ya hasil seleksinya bagaimana. Saya sudah konfirmasi ke personel angkatan darat dan disampaikan bahwa memang betul yang bersangkutan ikut seleksi,” kata dia.

Adapun, tugas ajudan Presiden Indonesia diatur dalam Peraturan Menteri Sekretaris Negara Nomor 12 Tahun 2016, dimana nanti setiap matra TNI dari tiga angkatan termasuk Polri akan mengirim personel untuk dipilih satu menjadi ajudan.

“Tapi untuk hasilnya, kita masih menunggu dari Setmilpres. Tiap matra satu, jadi Darat satu, Matra Laut satu, Matra Udara satu, Kepolisian satu.Sama seperti ajudan Wapres juga demikian,” jelasnya.

Perlu diketahui, Wahyo Yuniartoto saat berusia 44 tahun dengan pangkat Letnan Kolonel Inf. Dia pernah menjadi salah satu prajurit termuda yang menjabat sebagai Asisten Operasi, saat dipercaya menjabat sebagai Asisten Operasi Kopassus, yaitu Staf Umum Danjen Kopassus Bidang Perencanaan, Operasi, dan Latihan.

Salah satu kemampuan atau keahlian Kolonel Inf. Wahyo selain bidang militer adalah sebagai seorang motivator yang handal. Dengan gaya bicara yang khas, runtut, terarah, jelas, tegas, bersemangat bahkan berapi-api membuatnya sering diminta untuk memberikan motivasi baik di kalangan militer maupun sipil.

Bahkan lebih dari itu, Wahyo sering diminta memberikan motivasi kepada para atlet Indonesia yang akan berlaga untuk membawa harum nama bangsa di kancah dunia internasional. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: