Profil Yovie Widianto: Musisi Sekaligus Figur Penting di Balik Pemerintahan Prabowo

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 22 Oktober 2024 | 14:20 WIB
Yovie Widianto Staf Khusus Presiden. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Yovie Widianto Staf Khusus Presiden. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Presiden Prabowo Subianto melantik sejumlah pejabat baru yang akan mengisi posisi sebagai kepala badan dan penasihat khusus di Istana Negara pada Selasa (22/10/2024).

Dari daftar tokoh yang dilantik, terlihat ada  musisi Yovie Widianto, dan langsung mencuri perhatian terlebih sang musisi tidak memiliki rekam jejak sebelumnya di pemerintahan.

Profil Yovie Widianto

- Tanggal Lahir: 21 Januari 1968 (umur 56 tahun), Bandung

- Pasangan: Dewayani (menikah sejak 1998)

- Anak: Arsy Widianto, Nadhira Tiara

Yovie Widianto merupakan salah satu pendiri dan pemimpin grup musik legendaris Kahitna. Keahliannya sebagai pianis dan komposer telah melahirkan berbagai karya yang mengesankan.

Selain Kahitna, ia juga mendirikan grup musik lain seperti Yovie and Nuno dan 5 Romeo, yang dikenal dengan aransemen musik inovatif.

Kontribusi di Dunia Musik dan Sosial

Yovie Widianto pernah menjadi juri di Indonesian Idol musim kedua, menggantikan Dimas Djayadiningrat. Dia juga aktif dalam organisasi Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI), yang dipimpin oleh Candra Darusman, seorang musisi sekaligus diplomat. Pada tahun 2023,

Yovie kembali terpilih sebagai ketua umum FESMI, menunjukkan komitmennya terhadap perkembangan industri musik di Tanah Air.

Staf Khusus Presiden

Yovie Widianto diangkat sebagai Staf Khusus Presiden. Pengangkatan Yovie sebagai pejabat Istana tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 75/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Staf Khusus Khusus Presiden RI. 

Yovie Widianto menjelaskan tugas barunya sebagai Staf Khusus Presiden, yang berfokus pada pengembangan strategi ekonomi kreatif. Musisi berusia 56 tahun ini merasa perannya didasarkan pada pengalaman panjangnya di dunia kreatif.

 

Novita Dwiyanti/Magangsinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: