Fokus Tugas Kemendagri 100 Hari Pertama, Pilkada 2024 hingga Tekan Angka Inflasi

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 22 Oktober 2024 | 14:53 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (Foto/Sinpo)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (Foto/Sinpo)

BeritaNasional.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan fokus pada Pilkada 2024 dalam 100 hari pertama bekerja di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Menurutnya, Pilkada 2024 sangat diprioritaskan karena Kemendagri menjadi ujung tombak untuk menyukseskan pesta demokrasi se-Indonesia dalam waktu dekat.

"Yang paling utama itu Pilkada. Itu yang paling utama karena yang memimpin dari pemerintah adalah Kemendagri. Kami akan berkonsentrasi penuh di situ," ujar Tito di Kemendagri, Selasa (22/10/2024).

Setelah itu, Tito akan fokus menekan angka inflasi yang terjadi di tanah air sesuai perintah Presiden Prabowo Subianto. Tugas itu, kata dia, sudah diemban sejak pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang sudah diperintahkan Pak Presiden terkait inflasi, saya akan fokus sekali, akan saya teruskan setiap minggu tanpa henti sejak September 2022 sampai ada perintah presiden untuk berhenti. Kami juga akan melakukan pengecekan lapangan," tuturnya.

Kemudian, dia juga akan membagi tugas kunjungan ke luar kota kepada dua wakil menteri dalam negeri, yaitu Bima Arya dan Ribka Haluk, agar bisa dilakukan secara rutin.

"Kemudian, yang ketiga otomatis karena ada wamen, saya bisa berbagi tugas untuk kunjungan ke luar kota, mengecek daerah-daerah yang membutuhkan perhatian lebih," kata dia.

Selain itu, ia akan mendukung program hilirisasi, industrialisasi, dan ketahanan pangan. Meski tidak menjadi tanggung jawab utama Kemendagri, hal itu sangat berkaitan dengan pemerintah daerah.

"Yang pasti sebagai pembina, pengawas, dan koordinator, ini akan berjalan paralel dengan kementerian teknis, kementerian pangan, dan lainnya untuk mengurusi masalah pangan. Belum lagi soal digitalisasi, itu sesuai dengan visi Pak Prabowo," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: