Profil Raffi Ahmad, Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:19 WIB
Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, Raffi Ahmad (kiri). (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, Raffi Ahmad (kiri). (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Presiden Prabowo Subianto baru saja melantik artis Raffi Ahmad sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni. Pelantikan dilakukan pada hari ini, Selasa (22/10/2024) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Raffi Ahmad ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden RI Tahun 2024-2029.

Berikut Profil Raffi Ahmad

Raffi Ahmad, yang lahir di Bandung pada 17 Februari 1987, telah lama dikenal sebagai aktor, presenter, penyanyi, dan produser sukses di Indonesia. Ia memulai karier di awal 2000-an melalui perannya dalam sinetron "Tunjuk Satu Bintang". 

Popularitasnya semakin meningkat setelah terjun sebagai presenter, menjadi salah satu wajah utama di berbagai program televisi. Selain dunia hiburan, Raffi juga sukses sebagai pengusaha di bidang fashion, kuliner, dan digital, sebagian besar bersama istrinya, Nagita Slavina. Mereka mendirikan RANS Entertainment, yang sukses di bidang media digital.

Dengan berbagai pencapaian, Raffi menjadi salah satu figur yang paling digemari di Indonesia. Ia juga memanfaatkan kesuksesannya untuk mengembangkan bisnis dan baru-baru ini terjun ke politik.

Perjalanan Karir

Raffi Ahmad memulai kariernya di dunia hiburan sebagai aktor sinetron pada usia muda dengan debut di "Tunjuk Satu Bintang" (2002). Namanya semakin dikenal berkat perannya di sinetron seperti "Senandung Masa Puber," "Olivia," dan "Tersanjung." 

Pada 2006, ia bergabung dengan grup vokal BBB (Bukan Bintang Biasa) yang populer lewat single "Let’s Dance Together" dan film "Bukan Bintang Biasa the Movie."

Tahun 2008, Raffi mulai menonjol sebagai presenter, terutama setelah membawakan acara musik "Dahsyat" yang sukses besar. Ia kemudian mendapat banyak tawaran sebagai presenter dan aktor di berbagai acara, serta meraih banyak penghargaan. 

Kehidupan pribadinya juga menjadi sorotan, terutama pernikahannya dengan Nagita Slavina yang dibuat program TV khusus pada tahun 2014 lalu. Pasangan ini dikaruniai dua anak yakni Rafathar Malik Ahmad lahir pada 2015 dan Rayyanza Malik Ahmad yang lahir pada 2021.

Pada 2015, Raffi mendirikan RANS Entertainment yang kini menjadi salah satu kanal YouTube terbesar di Indonesia. Selain produksi konten digital, bisnisnya meluas ke event management dan investasi di bidang olahraga. 

Raffi juga sukses sebagai pengusaha dengan berbagai bisnis di bidang fashion, kuliner, dan teknologi, menjadikannya salah satu tokoh bisnis terkemuka di luar dunia hiburan.

Tugas Raffi Ahmad

Tugas utusan khusus Presiden termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 137 Tahun 2024 tentang Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Penetapan perpres itu ditandatangani Jokowi 18 Oktober 2024 saat ia masih menjabat Presiden. Perpres itu mengatur tentang keberadaan Penasihat Khusus Presiden, Utusan Khusus Presiden serta Staf Khusus Presiden dan Staf Khusus Wakil Presiden.

Baik Penasihat Khusus Presiden dan Utusan Khusus Presiden dibentuk untuk memperlancar tugas Presiden. Keduanya melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

Utusan Khusus Presiden melaksanakan tugas tertentu yang diberikan oleh Presiden di luar tugas-tugas yang sudah dicakup dalam susunan organisasi kementerian dan instansi pemerintah lainnya.

(Helvi Handayani/Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: