BG Ungkap Tugas dari Presiden Prabowo

Oleh: Bachtiarudin Alam
Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:26 WIB
BG ungkap tugas dari Presiden Prabowo (Beritanasional/Bachtiar)
BG ungkap tugas dari Presiden Prabowo (Beritanasional/Bachtiar)

BeritaNasional.com - Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Polkam), Budi Gunawan (BG) mengungkap beberapa tugas yang telah diamanatkan kepada Presiden Prabowo Subianto sebagai MenkoPolKam.

Ungkapan ini disampaikan BG, usai menerima penyerahan jabatan dari Menko Polhukam sebelumnya Hadi Tjahjanto di kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2024).

“Yang paling pertama yang akan kita lakukan adalah komitmen kami untuk bisa memastikan terciptanya dan terjaganya stabilitas keamanan, khususnya di bidang politik dan keamanan,” kata BG kepada awak media.

Sebab, lanjut BG, di tengah situasi geopolitik dunia yang saat ini dalam kondisi tidak menentu. Bisa sangat berpengaruh dalam kekuatan negara, semisal rantai pasok dunia di bidang pangan, energi, dan logistik.

“Itu menjadi juga prioritas kita. Kemudian hal-hal yang terkait dengan politik dan keamanan dalam negeri,” ujarnya.

Dukungan itu bisa terkait delapan program utama atau Astacita Presiden Prabowo Subianto yang akan diselaraskan dengan seluruh program  di kementerian lembaga yang di bawah koordinasinya.

“Agar selaras dan mendukung visi, misi, dan program prioritas pemerintahan Pak Prabowo Subianto ke depan. Agar target-target yang telah ditentukan itu tercapai,” kata dia 

“Khususnya untuk program-program dengan hasil cepat atau quick wins, delapan program prioritasnya itu menjadi concern kita ke depan. Nah komitmen kami berdua, tentunya ini yang paling penting,” tambahnya.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengusung program kerja Astacita yang akan dijalankan selama masa pemerintahannya.

Berikut isi Astacita tersebut:

1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi, dan hak asasi manusia (HAM)

2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru

3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur

4. Memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas

5. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri

6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan

7. Memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba

8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: