Tanggal 24 Oktober Memperingati Hari Apa? Ada Hari PBB

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 | 23:00 WIB
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto/freepik)
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Tanggal 24 Oktober memperingati apa saja? Menarik untuk diketahui bersama bahwa ada beberapa peringatan penting yang diakui baik secara nasional maupun internasional. 

Yuk, simak selengkapnya daftar peringatan hari penting yang dihimpun oleh Beritanasional.com.  

Berikut adalah beberapa peringatan yang diperingati pada tanggal tersebut:

1. Hari PBB 

Setiap tanggal 24 Oktober, dunia memperingati Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Day). Hari ini menandai peringatan berdirinya PBB pada tahun 1945, saat Piagam PBB mulai berlaku dan diresmikan. 

Pada saat itu, organisasi internasional ini dibentuk dengan tujuan untuk menjaga perdamaian dunia, mempromosikan hak asasi manusia, serta memfasilitasi kerjasama antar negara dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, dan kemanusiaan.

Piagam PBB sendiri pertama kali ditandatangani oleh 50 negara anggota pada Konferensi San Francisco pada tanggal 26 Juni 1945. Namun, Piagam tersebut baru efektif berlaku empat bulan kemudian, yakni pada 24 Oktober. Maka dari itu, tanggal tersebut diperingati sebagai hari berdirinya PBB secara resmi.

PBB memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas internasional dan berkontribusi dalam berbagai isu global, seperti perubahan iklim, pengurangan kemiskinan, penanganan konflik, dan pemeliharaan perdamaian melalui misi-misi kemanusiaan. Saat ini, organisasi ini memiliki 193 negara anggota, hampir seluruh negara di dunia, kecuali beberapa negara yang belum menjadi anggota.

2. Hari Dokter Nasional 

Hari Dokter Nasional adalah sebuah hari penting yang umumnya dirayakan di organisasi-organisasi kesehatan untuk menghargai jasa-jasa para dokter kepada masyarakat dan kehidupan individual. Acara tersebut biasanya diselenggarakan oleh staf di sebuah organisasi kesehatan. Hari Dokter Nasional di Indonesia identik dengan hari jadi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), 24 Oktober.

3. Hari Polio Sedunia

Dicanangkan oleh World Health Organization (WHO), hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya pemberantasan penyakit polio yang telah menjadi fokus dunia sejak beberapa dekade lalu.

Dengan adanya berbagai peringatan ini, tanggal 24 Oktober menjadi momen refleksi bagi masyarakat global untuk mengenang kontribusi besar PBB dalam menciptakan dunia yang lebih aman dan damai, sekaligus menghargai peran para tenaga kesehatan yang tak kenal lelah dalam memberikan pelayanan terbaik. 

Mari jadikan 24 Oktober sebagai hari untuk menghargai kerja sama internasional dan upaya global dalam menjaga perdamaian dan kesejahteraan umat manusia!

(Nailil Hikmah / Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: