Prabowo Tegaskan Pentingnya Efisiensi dalam Kabinet Merah Putih: Hindari Kegiatan yang Tidak Perlu

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 | 19:00 WIB
Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. (Foto/Tim Prabowo)
Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. (Foto/Tim Prabowo)

BeritaNasional.com -  Presiden Prabowo Subianto memimpin rapat perdana Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (23/10/2024).

Dalam kesempatan ini, Prabowo menginstruksikan kepada para menteri untuk mengurangi kegiatan yang bersifat seremonial dan perjalanan luar negeri yang tidak mendesak.

"Saya harap semua kegiatan yang hanya bersifat seremonial, seperti seminar dan konferensi, serta perjalanan luar negeri yang tidak penting, bisa dikurangi," tegas Prabowo kepada jajaran menteri.

Ia menekankan pentingnya para menteri menjadi teladan dalam fokus membangun ekonomi dan kesejahteraan rakyat, dengan cara mengutamakan efisiensi dan tidak melakukan pekerjaan secara sembarangan.

"Kita harus menunjukkan contoh yang baik. Fokus utama kita adalah pembangunan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat. Hindari kegiatan yang tidak perlu, seperti studi banding yang tidak relevan," tambahnya.

Prabowo juga meminta Menteri Koordinator dan Menteri Keuangan untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Ia berharap Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dapat dipelajari kembali oleh para menteri.

“Saya menginstruksikan Menteri Keuangan dan semua Menteri Koordinator untuk meneliti kembali alokasi APBN dan mempelajari DIPA dengan seksama,” ujarnya.

Selain itu, Prabowo mengungkapkan bahwa dalam struktur pemerintahan yang baru, ia telah membentuk Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus, yang bertugas untuk memantau semua program yang dilaksanakan oleh Kementerian dan Lembaga.

“Dalam pemerintahan yang saya bentuk, saya memperkuat posisi Kepala Staf Kepresidenan dan menambah Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus untuk memantau semua proyek yang akan kita jalankan,”tandas Prabowo.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: