Tanggapi Hasil Survei, Chico: Elektabilitas Pramomo-Rano Masih Bisa Meroket

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 24 Oktober 2024 | 11:16 WIB
Pramono Anung-Rano Karno (Beritanasional/Elvis)
Pramono Anung-Rano Karno (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Juru Bicara Pramono-Rano Chico Hakim menduga tren penaikan elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur yang didukungnya akan terus meroket.

Hal itu dia ucapkan merespons kenaikan elektabilitas Pramono-Rano versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan keduanya peringkat satu dengan 41,6%.

Kemudian disusul pasangan Ridwan Kamil-Suswono 37,4% sedangkan pasangan Dharma-Kun 6,6% saja.

"Pada prinsipnya kami bersyukur. Kami melihat tren kenaikan ini tidak akan berhenti sampai di sini ini akan naik terus sampai di hari pemilihan nanti," ujar Chico dalam keterangan, Kamis (24/10/2024).

Menurutnya, penaikan elektabilitas tersebut tidak akan berhenti sebab masih banyak pemilih yang belum menentukan jagoannya dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Karena masih banyak pemilih yang belum menentukan pemilihan ada sekian persen. Bisa dicek lagi nanti di hasil survei," tuturnya.

Ia juga menyoroti soal keterkenalan Pramono Anung terhadap masyarakat yang belum menyentuh angka maksimal, akan tetapi bisa menyalip elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono.

"Yang menarik adalah tingkat popularitas Mas Pram juga belum mencapai titik maksimal jadi belum dikenal oleh 80 persen. Padahal, itu adalah batas minimal seharusnya untuk seorang calon gubernur dikenal," kata dia.

Sebelumnya, LSI merilis hasil survei terbaru elektabilitas Pramomo-Rano yang unggul dari Ridwan Kamil-Suswono dan Dharma Kun.

Dalam survei tersebut, Pramono-Rano meraih elektabilitas 41,6%. Disusul Ridwan Kamil-Suswono di posisi kedua dengan 37,4% dan Dharma-Kun di posisi paling buncit dengan 6,6%.

Meski demikian, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan unggunya Pram-Rano itu masih belum signifikan, mengingat selisihnya hanya sekitar 4% dari Ridwan Kamil-Suswono.

"Sementara margin of error survei ini kan 2,9 jadi sebetulnya secara statistik kita tidak tahu siapa yang unggul. Jadi secara statistik Pramono dengan Ridwan Kamil ini sama kuat pada saat ini," ujar Djayadi Hanan, Rabu (23/10/2024).sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: