Sering Disebut Minuman Sehat, Ternyata Mengkonsumsi Smoothie Juga Memiliki Bahaya

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 24 Oktober 2024 | 18:00 WIB
Ilustrasi minuman smoothie. (Foto/freepik).
Ilustrasi minuman smoothie. (Foto/freepik).

BeritaNasional.com - Siapa sih yang tidak suka minuman kental yang terbuat dari campuran buah, sayuran, yogurt, susu, atau bahan lainnya, sering kali di blender hingga halus alias smoothie. 

Smoothie biasanya dikonsumsi sebagai makanan ringan, sarapan, atau minuman sehat karena kaya akan nutrisi. Variasi bahan memungkinkan untuk banyak kombinasi rasa dan tekstur, menjadikannya pilihan populer untuk diet sehat. Namun, smoothie justru bisa menjadi minuman yang berbahaya bagi kesehatan.

Mengapa Smoothie Bisa Menjadi Berbahaya? 

Smoothie bisa menjadi beracun atau berbahaya karena beberapa alasan yaitu seperti beberapa kombinasi bahan dapat mengganggu penyerapan nutrisi atau menyebabkan reaksi kimia yang tidak diinginkan.

Beberapa tanaman seperti biji aprikot mengandung senyawa beracun (amigdalin) yang dapat berbahaya jika dikonsumsi, Kombinasi bahan tertentu juga bisa memicu reaksi alergi, terutama bagi individu yang sensitif, buah atau sayuran yang terkontaminasi pestisida atau patogen juga bisa menyebabkan keracunan, dan penggunaan suplemen berlebihan seperti Menambahkan suplemen tanpa mengetahui dosis yang tepat bisa juga berbahaya. Sebaiknya selalu hati-hati dalam memilih bahan untuk smoothie dan perhatikan potensi interaksi antar bahan.

Berikut beberapa kombinasi bahan smoothie yang sebaiknya dihindari karena potensi bahaya :

1. Jeruk dan Susu : Campuran ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada beberapa orang.

2. Bayam dan Susu : Mengandung asam oksalat yang dapat mengikat kalsium, berpotensi memicu masalah ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

3. Pepaya dan Aspirin : Pepaya mengandung papain yang dapat meningkatkan efek aspirin, berpotensi menyebabkan pendarahan.

4. Teh Hijau dan Susu : Tanin dalam teh hijau dapat terikat dengan protein susu, mengurangi manfaat antioksidan.

5. Kacang dan Susu : Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau pencernaan yang buruk.

(Novita Dwiyanti/Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: