Xi Jinping Ajak Negara-negara BRICS Perjuangkan Perdamaian dan Keamanan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 27 Oktober 2024 | 20:25 WIB
Presiden Xi Jinping ajak negara-negara BRICS perjuangan perdamaian  (Foto/X Xi's Moments)
Presiden Xi Jinping ajak negara-negara BRICS perjuangan perdamaian (Foto/X Xi's Moments)

BeritaNasional.com - Presiden China Xi Jinping mengatakan, tidak boleh ada lagi penderitaan dan kehancuran di Palestina dan Lebanon. Ia meminta negara-negara anggota BRICS untuk terus menjunjung tinggi perdamaian dan berjuang untuk keamanan.

"Kita harus maju bersama untuk membentuk kekuatan penstabil perdamaian dan mencari solusi untuk mengatasi gejala dan akar permasalahan," kata Xi.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga menegaskan pentingnya mengakhiri perang antara Moskow dan Kyiv.

Sehari sebelumnya, Xi menyerukan de-eskalasi antara Rusia dan Ukraina karena perang telah berlangsung hampir tiga tahun.

"Kita perlu terus mendorong gencatan senjata di Gaza, meluncurkan kembali solusi dua negara, dan menghentikan penyebaran perang di Lebanon. Tidak boleh ada lagi penderitaan dan kehancuran di Palestina dan Lebanon," ujar Xi.

Mengacu pada isu perluasan blok ekonomi yang sedang berkembang, Xi memperluas dukungan China terhadap keterlibatan yang lebih besar dari negara-negara Selatan dalam masalah BRICS.

“Kebangkitan kolektif negara-negara berkembang adalah tanda yang jelas dari perubahan besar di dunia,” kata Xi dikutip dari Anadolu.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: