Suswono Yakin Sekolah Gratis Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 27 Oktober 2024 | 22:03 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com -  Sistem zonasi diyakini Suswono masih sangat tepat diterapkan dengan menerapkan sekolah gratis negeri dan swasta. 

"Dengan catatan bahwa sekolah negeri maupun swasta nanti akan kita gratiskan. Tentu saja, tidak sekadar gratis dari SD sampai SLTA, tetapi juga para guru akan kita latih agar ada standar mutu yang sama," ujarnya. 

Dengan kebijakan yang diterapkan tersebut maka tidak lagi ada perpindahan siswa dari satu daerah ke daerah lain karena alasan zonasi.

"Kami pastikan, dengan sekolah gratis untuk semua, baik negeri maupun swasta, mereka bisa tetap bersekolah di tempat terdekat dengan tempat tinggalnya. Jadi, kita akan pastikan tidak ada anak putus sekolah," tegasnya. 

Selain itu, pendidikan keterampilan sesuai permintaan global juga akan diwujudkan. Kita  bisa mengirim tenaga kerja terampil ke negara-negara yang membutuhkan. 

"Saya pastikan pula, sekolah akan merata di seluruh kelurahan. Saya pernah menemui kepala sekolah swasta yang hanya menerima lima siswa ini ketidakadilan," cetusnya. 

Dalam debat kedua pemilihan gubernur Jakarta di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024) duet Ridwan Kamil itu juga membahas perluasan KJP Plus akan terus dilakukan, begitu pula peningkatan kapasitas guru agar kualitas sekolah negeri maupun swasta, tetap sama. 

"Kami juga akan menambahkan pelatihan siap kerja, khususnya bagi siswa SMK, sehingga mereka bisa langsung bekerja sesuai bidangnya setelah lulus. Saya pastikan sekali lagi, tidak ada anak putus sekolah," ungkapnya. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: