Berdebat Lagi soal Covid-19 dengan Dharma Pongrekun, RK: Saya Ada Tim Ahli, Pak...

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 27 Oktober 2024 | 21:42 WIB
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Dharma Pongrekun. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil dan Dharma Pongrekun. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta nomor urut 2, Dharma Pongrekun, kembali menyinggung soal Covid-19 dalam debat kedua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI di Beach City Internasional Stadium (BCIS), Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024) malam.

Dalam kesempatan itu, Dharma menyatakan bahwa jika terpilih memimpin suatu daerah, dia akan melibatkan tim independen untuk menentukan apakah pandemi Covid-19 benar-benar isu kesehatan atau sekadar agenda politik global.

Mendengar hal tersebut, Ridwan Kamil (RK) menyayangkan pernyataan Dharma. RK menegaskan bahwa dia telah melibatkan para ahli kesehatan masyarakat untuk menanggulangi Covid-19.

"Pak Dharma, bayangkan ya, kita sedang bekerja dalam sebuah peristiwa besar yang ilmunya kita tidak tahu. Sebagai seorang pemimpin, jika kita tidak tahu, kita harus bertanya. Maka saat Covid di Jawa Barat, saya ada tim ahli, Pak," kata RK dalam paparannya.

"Tim ahli kesehatan masyarakat dari Universitas Indonesia dan Universitas Padjadjaran. Kami tujuh kali melakukan Zoom meeting dengan seorang dokter Indonesia yang bekerja di WHO untuk menyinkronkan data-data yang kami miliki dan apa yang kami alami," lanjut RK.

Tidak hanya itu, RK juga menekankan bahwa dia patuh terhadap arahan pemerintah pusat dalam mengatasi isu kesehatan yang sempat melumpuhkan Indonesia pada 2020.

"Sebagai gubernur, kami harus taat kepada pemerintah pusat. Dalam hal ini, tentu saja sekarang jika gubernur kita akan menghormati dan taat kepada Bapak Prabowo Subianto. Karena provinsi adalah bagian delegasi, salah satu tugasnya dari pemerintah pusat untuk apapun, termasuk krisis-krisis di Indonesia," tegas RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: