Penunjukan Basuki Kepala OIKN, Rifqi: Kami Sambut Baik

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Minggu, 27 Oktober 2024 | 23:59 WIB
Menteri Sekretaris Negara Pratikno memberikan keterangan pers di Istana. (Foto/BPMI)
Menteri Sekretaris Negara Pratikno memberikan keterangan pers di Istana. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com -  Presiden Prabowo Subianto disebut sudah mengirim Surat Presiden (Surpres) kepada Pimpinan DPR RI untuk menunjuk mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Ketua Komisi II DPR RI Rifqinizami Karsayuda mengatakan ini merupakan kabar baik karena Basuki merupakan orang yang ahli dalam bidang infrastruktur di Indonesia. Dia pun berharap Basuki bisa mempercepat pembangunan IKN.

"Dalam konteks budgeting, kami berharap Otorita IKN yg merupakan mitra kerja Komisi II DPR RI diberikan kewenangan bukan hanya terkait dengan pengelolaan IKN, tetapi juga dalam konteks pembangunan dan penataan infrastruktur," ujarnya. 

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (27/10/2024) Rifki menerangkan komisinya menyambut baik sikap dan pernyataan Presiden Prabowo Subianto yang memiliki target penyelesaian infrastruktur dan pembangunan ekosistem kawasan IKN selesai dalam empat tahun ke depan..

"Karena itu, kami akan bekerja dengan sungguh-sungguh melalui tiga fungsi konstitusional yang kami memiliki, fungsi budgeting, fungsi legislasi, dan fungsi pengawasan," katanya. 

Selanjutnya Pimpinan Komisi II DPR akan segera meninjau kondisi lapangan terkait persiapan dan perkembangan pembangunan kawasan IKN. Peninjauan itu juga bakal dilakukan terhadap penataan kawasan yang didanai oleh non-APBN atau melalui investasi.

Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto dengan tegas dalam retret bersama Kabinet Merah Putih (KMP) menyampaikan komitmennya menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu empat tahun.

Pesan itu dibagikan oleh Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni melalui unggahan Instagramnya setelah menerima pengarahan dari Presiden Prabowo pada sesi sore terakhir di hari kedua pembekalan anggota KMP.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: