Menang Dramatis dari Liverpool, MU Pastikan Tiket Semifinal Piala FA

MU menang dengan skor 4-3 dari Liverpool

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 18 Maret 2024 | 04:30 WIB
Pemain MU selebrasi merayakan gol ke gawang Liverpool. (foto:Manchester United)
Pemain MU selebrasi merayakan gol ke gawang Liverpool. (foto:Manchester United)

Indonesiaglobe.id - Manchester United memastikan satu tiket semifinal Piala FA usai menang secara dramatis dari rival abadinya yakni Liverpool dengan skor 4-3 pada babak perempat final di Old Trafford, Manchester, Minggu (17/3/2024) malam WIB.

Bermain di depan pendukungnya, Setan Merah—julukan Manchester United—tampil apik sejak menit awal. Beberapa serangan coba dilakukan oleh Marcus Rashford Cs ke gawang Liverpool yang dijaga oleh Caoimhin Kelleher.

Alhasil, serangan yang dibangun sejak menit awal berbuah hasil pada menit ke-10. Serangan yang bermula dari Rashford kemudian memberikan umpan kepada Alejandro Garnacho yang berlari di sisi kiri, hingga kemudian melepaskan tembakan ke gawang Liverpool. 

Bola yang sejatinya bisa ditepis oleh Kelleher itu liar, dan jatuh ke kaki pemain Man United Scott McTominay sehingga dilestkan masuk ke gawang Liverpool. Skor berubah 1-0 bagi Man United.

Meski melakukan serangan-serangan yang cukup sporadis, Man United tak lagi mencetak gol. Justru malapetaka hadir bagi Man United di menit ke-44 usai Liverpool bisa menyamakan kedudukan usai Alexis Mac Allister yang menerima umpan dari Darwin Nunez melesatkan sepakan keras dan tidak bisa dihadang oleh Andre Onana. Skor 1-1 bagi Man United dan Liverpool.

Tak puas skor 1-1 menutup paruh babak pertama, The Reds—julukan Liverpool—justru membalikkan kedudukan. Lagi-lagi Nunez menjadi otak terciptanya gol bagi Liverpool usai sepakkannya ditahan Onana, namun bola pantul jatuh di kakai Mohamed Salah. Gol tersebut merubah skor menjadi 2-1 bagi Liverpool dan menutup babak pertama.

Di awal babak kedua permaianan jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim. Namun, baru gol yang dinanti Man United baru bisa tercipta di menit ke-84 usai Antony berhasil mencetak gol penyama kedudukan usai melakukan aksi individu. Kedudukan berimbang membawa ke tambahan waktu.

Pada babak tabahan waktu, Man United justru kembali menebar ancaman melalui sepakan Garnacho yang tipis berada di sisi kanan Kelleher. Sebaliknya, gawang Man United harus kebobolan di menit 105 usai sepakan Elliot dari luar kotak penalti terdefleksi kaki Christian Eriksen hingga mengecoh gerakan Onana. 3-2 untuk Liverpool.

Tidak ingin mengecewakan pendukungnya, United terus mengurung pertahanan Liverpool. Usaha mereka berbuahkan hasil di menit ke-112 setelah Rashford memberikan umpan terobosan kepada McTominay, kemudian mengkonversinya menjadi gol melalui sepakan kaki kanan. Skor imbang menjadi 3-3.

Ketika laga akan berakhir dengan 3-3, pasukan Erik Ten Hag malah berbalik unggul di menit ke-121 lewat kaki Amad Diallo. Ya, dia memanfaatkan gol melalui skema serangan balik di menit-menit akhir dan memastikan Setan Merah menang dengan skor 4-3 dari Liverpool. Hasil ini membuat Man United memastikan satu tiket semifinal Piala FA.sinpo

Komentar: