Koalisi Indonesia Maju Siap Lanjutkan Kerja Sama di Pilkada 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 19 Maret 2024 | 10:11 WIB
Ilustrasi kerjasama. (Foto/freepik)
Ilustrasi kerjasama. (Foto/freepik)

Indonesiaglobe.id - Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, berencana melanjutkan kerja sama pada pemilihan kepala daerah 2024 mendatang.

"Kita di Koalisi Indonesia Maju memang sudah bertekad dari awal bahwa koalisi ini tidak hanya merupakan koalisi permanen di DPR saja tetapi juga di pilkada ya," ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada wartawan, dikutip Selasa (19/3/2024).

Di beberapa wilayah, Koalisi Indonesia Maju berencana untuk bekerja sama mengusung pasangan calon kepala daerah yang sama. Dan bersiap untuk memetakan mana saja daerah-daerah yang saling beririsan.

Meski, tidak dipungkiri kerja sama itu tidak akan terjadi di beberapa daerah, apabila sudah memiliki kepala daerah petahana dengan partai di luar KIM.

Namun, Eddy menyebut untuk pembentukan koalisi nantinya, partai-partai di KIM akan didahulukan untuk dipertimbangkan sebagai mitra.

"Kemudian dipetakan satu persatu dimana kita akan bekerja sama memang semua tidak bisa dikerjasamakan, karena misalkan saat ini saja kita sudah memiliki kepala daerah yang bermitra dengan partai di luar Koalisi Indonesia Maju. Kita akan bahas, tetapi kami akan mendahulukan Koalisi Indonesia Maju untuk bermitra koalisi dalam mengusung calon-calon kepala daerah ke depannya," ujarnya.

Menurut Eddy, wacana kerja sama KIM di pilkada bukan hal yang baku.

"Jadi kita liat, tapi kembali lagi fokus kita dahulukan bermitra dengan teman-teman Koalisi Indonesia Maju," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: