Ganjar Siap Rangkulan Kelar Pilpres: Semua Teman Lama

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 21 Maret 2024 | 16:42 WIB
Ganjar Mahfud siap rangkul rival politik pasca-pemilu (Foto/Inst Ganjar Pranowo)
Ganjar Mahfud siap rangkul rival politik pasca-pemilu (Foto/Inst Ganjar Pranowo)

Indonesiaglobe.id - Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo mengaku siap berangkulan kembali dengan lawan-lawannya di pilpres, usai Pemilu 2024. Ia menyadari pertarungan politik Pemilu 2024 memang berakhir.

"Kalau soal rangkul-rangkulan kita ini berteman semua. Para kandidat ini anak-anak bangsa. Kalau ibarat sebuah pertandingan ada saat mulai, ada saat akhir," ujar Ganjar di Posko Ganjar Mahfud, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Menurut Ganjar, usai pertarungan pemilu memang saatnya bersatu kembali. Untuk sama-sama menghadapi tantangan bangsa bersama.

"Tentu apapun nanti keputusan sebagai suatu upaya tertinggi yang bisa kita lakukan dan kita putus, mari kita berpikir soal bangsa dan negara. Mari kita berpikir nasib rakyat. Mari kita berpikir bahwa ekonomi ke depan menghadapi tantangan yang berat," ujar mantan gubernur Jawa Tengah ini.

Maka itu, Ganjar siap membuka komunikasi kembali dengan rival politiknya di Pemilu 2024. Semua tokoh yang maju di Pilpres 2024 adalah kawan lamanya.

"Jadi soal rangkul-merangkul kita pasti harus menjadi kekuatan anak bangsa untuk membangun negeri ini dimanapun berada. Pasti kita bisa berkomunikasi. Kita kenal semua," kata Ganjar.

"Teman baik," jawab Mahfud.

"Teman lama," balas Ganjar lagi.

Sebelumnya, Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersatu usai dinyatakan menang dalam Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami ajak semua masyarakat Indonesia untuk sama-sama bersatu, tatap ke depan dan gandengan tangan," ujar Prabowo dalam konferensi pers di Kertanegara IV, Rabu (20/3/2024) malam.

Meski sudah memenangkan Pilpres 2024, ia menilai masih ada tantangan besar bagi Indonesia, yakni terkait persatuan dan kerukunan.

"Kita (harus) bersatu dan rukun. Kita kerja sama bawa Indonesia menuju kemakmuran dan keadilan," tuturnya.

Dari kemakmuran itu, Prabowo mengatakan Indonesia bisa mendapat keadilan. Dirinya menegaskan pasangan Prabowo-Gibran ingin rakyat sejahtera.

"Kita bisa bawa keadilan ke seluruh rakyat Indonesia. Kita harus bersatu hilangkan kemiskinan dan kelaparan dan hilangkan penderitaan rakyat," kata dia.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: