Heru Budi: Pembangunan NCICD Dilanjutkan 2025

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 21 Maret 2024 | 16:10 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto/Pemprov DKI)
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto/Pemprov DKI)

Indonesiaglobe.id -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, membuka secara resmi Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 Kota Administrasi Jakarta Utara pada Kamis (21/3/2024).

Dalam kegiatan ini, Heru menegaskan bahwa pembangunan tanggul pengaman pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Jakarta Utara perlu dilanjutkan pada 2025.

“Wilayah Jakarta memiliki tantangan banjir yang harus segera diselesaikan. Banjir yang disebabkan rob maupun hujan dengan intensitas tinggi. Tidak mudah menangani banjir ini. Karena itu, di Jakarta harus ada NCICD, harus dibangun tanggul pengaman pantai,” kata Heru dalam keterangan resminya.

Heru berujar, penurunan muka tanah di wilayah Jakarta Utara juga menjadi salah satu penyebab banjir. 

Oleh karena itu, NCICD harus segera dibangun agar masalah banjir di Jakarta Utara bisa tertangani dengan baik. 

Nantinya, pembangunan proyek NCICD dilaksanakan bersinergi dengan Pemerintah Pusat.

“Kalau kita lihat, khusus di Jakarta Utara, penurunan muka tanah bisa mencapai antara 70 sentimeter hingga satu meter. Jadi, sudah tidak mungkin penanganan banjir dilakukan kalau tidak ada NCICD," ujar Heru.

"Memang biayanya cukup besar, tapi kalau kita bersama-sama berkomitmen dengan Pemerintah Pusat, maka bisa dibangun karena bukan hanya untuk di wilayah Jakarta Utara saja, tetapi secara nasional itu, dari Jakarta sampai ke Semarang harus ada tanggul laut,” tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: