TNI Terjunkan 67.955 Prajurit Amankan Lebaran

Oleh: Imantoko Kurniadi
Kamis, 21 Maret 2024 | 18:58 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)

Indonesiaglobe.id - Mabes TNI akan menerjunkan 67.955 prajurit untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri. 

Prajurit yang diturunkan akan membantu Polri dari sebelum sampai selesai arus mudik lebaran.

"Kami laporkan bahwa TNI telah menyiapkan total 67.955 prajurit, siap gerak dalam rangka mendukung polri dalam pengamanan menjelang sampai dengan berakhirnya libur hari raya Idul Fitri tahun 2024 atau saat arus mudik hingga arus balik," kata Panglima TNI Jenderal, Agus Subiyanto, saat rapat kerja di Komisi I DPR, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Dari 67.955 anggota yang diturunkan, 51.457 adalah TNI angkatan darat, 4.900 TNI angkatan laut, serta 11.598 anggota TNI angkatan udara.

"TNI angkatan darat menggelar 51.457 prajurit yang tersebar di kodam-kodam, TNI angkatan laut menyiagakan 4.900 prajurit dari 14 Lantamal yang tersebar, dan angkatan udara akan menggelar pasukannya sebanyak 11.598 prajurit dari semua pangkalan udara yang dimiliki," jelas Agus.

TNI juga mengerahkan alutsista untuk bantuan sarana angkutan masyarakat. Gunanya untuk mengantisipasi terjadinya insiden selama musim mudik.

"Selain itu, TNI juga akan mengerahkan alutsista untuk digunakan sebagai perbantuan sarana angkutan umum demi masyarakat apabila diperlukan dan peralatan untuk mengantisipasi insiden selama musim mudik lebaran," kata Agus.

Sementara, angkatan laut membantu masyarakat untuk angkutan mudik. Misalnya dari Jakarta ke Semarang dan Surabaya.

"Jadi 500 orang mudik gratis dengan membawa motor, jadi setiap tahun dan tahun ini akan kita lakukan," kata Agus.

Sementara, angkatan udara mengerahkan pesawat hercules dan angkatan darat menyiapkan armada bus dan truk.

"Helikopter TNI untuk evakuasi medis darurat serta mobil derek di satuan-satuan peralatan TNI untuk mengantisipasi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas," kata Agus.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: