PAN Siap Buka Pintu Rekonsiliasi dengan Kubu Anies dan Ganjar

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 22 Maret 2024 | 10:53 WIB
PAN siap buka pintu rekonsiliasi (IndonesiaGlobe/Panji)
PAN siap buka pintu rekonsiliasi (IndonesiaGlobe/Panji)

Indonesiaglobe.id - Kubu Prabowo-Gibran membuka pintu rekonsiliasi dengan partai-partai di kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menilai upaya merangkul kubu yang kalah merupakan hal yang wajar.

"Ya kan teman-teman partai kawan kita juga," kata politisi yang akrab disapa Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Zulhas memastikan bakal membuka komunikasi dengan partai di kubu Anies atau kubu Ganjar. Ia belum menyebut partai mana yang akan diajak bicara.

"Ya nanti ngomong ngomong lah," kata menteri perdagangan ini.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pihaknya tengah menunggu keputusan partai yang akan segera bergabung dengan koalisi. Muzani belum menyebut partai mana yang dimaksud. Yang pasti partai tersebut adalah pengusung capres rival Prabowo Subianto di Pemilu 2024.

Wakil ketua MPR RI ini memberikan isyarat komunikasi yang tengah dijalin dengan partai non koalisi mengarah ke arah yang positif.

"Dari pembicaraan kami begitu ada isyarat ada perkataan kami sedang menunggu keputusan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Muzani mengaku tidak ingin mendahului keputusan partai tersebut. Tapi, ia yakin partai yang diajak komunikasi ini bisa bergabung dengan koalisi.

"Saya tidak mau geer tapi Insya Allah partai partai ini mengarah ke kebersamaan yang lebih baik," katanya.

Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo mengaku siap untuk berangkulan dengan kubu Prabowo ataupun kubu Anies usai Pilpres 2024. Ia mengatakan, para rivalnya di Pilpres 2024 merupakan kawan lama.

"Jadi soal rangkul-merangkul kita pasti harus menjadi kekuatan anak bangsa untuk membangun negeri ini dimanapun berada. Pasti kita bisa berkomunikasi. Kita kenal semua. Teman lama," kata Ganjar.

Sementara itu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh memberikan sinyal membuka rekonsiliasi dengan kubu pemenang yaitu Prabowo Subianto. Surya Paloh menyatakan NasDem menerima hasil pemilu, serta mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran.

"Partai NasDem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024," ujar Surya saat konferensi pers di Kantor DPP NasDem.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: