DPR: Seluruh Stakeholder Perlu Dilibatkan Jamin Mudik Aman

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 22 Maret 2024 | 11:26 WIB
Ilustrasi mudik lebaran (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik lebaran (Foto/Freepik)

Indonesiaglobe.id - Suksesnya mudik tahun 2024 tidak lepas dari peran pemerintah dan seluruh stakeholder terkait. Anggota DPR RI Kamrussamad menilai perlu adanya pengaturan teknis yang baik agar mudik lancar.

"Ini perlu benar-benar semua stakeholder dilibatkan dalam rangka pemantapan jalur mudik khususnya di darat dan tentu di udara dan juga laut," ujar Kamrussamad, dikutip Jumat (22/3/2024).

Menurutnya, sejak Presiden Joko Widodo memimpin, aspek konektivitas antar wilayah sudah relatif lebih baik. Salah satunya karena bertambahnya jalur penerbangan.

"Sejak 9 tahun lebih lebih dari Jokowi memimpin negeri ini konektivitas relatif lebih baik, baik udara banyak sekali bandara-bandara yang sudah diaktifkan dan jalur-jalur penegak penerbangan baru di daerah-daerah yang sebelumnya belum ada penerbangan," ujar Kamrussamad.

Di jalur laut, perlu juga persiapan yang matang untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

Sementara, dijalur darat  perlu perhatian karena diperkirakan arus mudik mencapai 190 juta orang atau 85 persennya melalui jalur darat.

"Tahun ini diperkirakan arus mudik bisa mencapai 190 juta orang dengan volume diperkirakan mencapai 85% itu menempuh jalur darat," kata Kamrussamad.

Pemerintah melalui Polri dan kementerian serta lembaga terkait perlu punya pengaturan teknis yang baik agar bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan selama mudik.

"Jadi pengaturan teknis ini kita percayakan kepada Polri dan seluruh kementerian dan lembaga yang terkait," kata Kamrussamad.

 

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: