Akhirnya Kate Middleton Akui Idap Kanker

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 23 Maret 2024 | 16:43 WIB
Kate Middleton dalam sebuah kesempatan (Foto/Inst Kate Middleton)
Kate Middleton dalam sebuah kesempatan (Foto/Inst Kate Middleton)

Indonesiaglobe.id - Kate Middleton yang merupakan Putri Wales, mendapat banyak dukungan dari masyarakat seluruh dunia pada Sabtu (23/3/2024) usai ia mengumumkan melalui video bahwa dia mengidap penyakit kanker. 

Pengakuan pribadi Kate itu datang hanya beberapa minggu setelah Raja Charles III menjelaskan, ia juga sedang berjuang melawan penyakit yang sama.

Dikutip dari VOA, pengakuan yang jujur itu membawa monarki Inggris ke dalam krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam era modern. Sebab dua anggota paling senior kerajaan sedang bersama-sama berjuang melawan penyakit serius.

Ketika Istana Buckingham mengumumkan pada Februari bahwa Raja Charles mengidap kanker dan akan membatalkan semua kegiatan umum, kepala negara Inggris itu sudah menjalankan perannya selama 17 bulan. Charles juga menyampaikan rasa simpatinya kepada menantu perempuan tercintanya.

"Kate, Anda tidak sendirian," tulis bagian depan tabloid The Sun.

“Kate yang bermartabat mendapat simpati negara,” tulis kolumnis The Standard Rachel Johnson, saudara perempuan mantan perdana menteri Boris Johnson.

Dalam pernyataannya, Kate yang berusia 42 tahun itu, mengakui diagnosis tersebut merupakan "kejutan besar" dalam hidupnya. Ia meminta waktu, ruang, dan privasi untuk menyelesaikan kemoterapi untuk kankernya.

Dalam video tersebut dia menegaskan, ia baik-baik saja dan semakin kuat setiap harinya. Video itu sendiri direkam pada Rabu di Windsor, sebelah barat London, tempat calon ratu dan raja tinggal bersama ketiga anak mereka yang masih kecil.

Dia mengatakan perlu waktu bagi mereka untuk menjelaskan situasinya kepada ketiga anaknya, yaitu Pangeran George (10 tahun), Putri Charlotte (8 tahun), dan Pangeran Louis (5 tahun), dan meyakinkan mereka bahwa dia baik-baik saja.

"William dan saya telah melakukan segala yang kami bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi kepentingan keluarga kami yang masih berumur muda," tambah Kate.

Para komentator memuji sifat jujurnya, sang putri berbicara langsung ke kamera sambil duduk di bangku taman.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: