Harga Tiket Lebih Murah, Sejumlah Pemudik Memilih Pulang Kampung Lebih Awal

Oleh: Mufit
Senin, 25 Maret 2024 | 14:15 WIB
Situasi Stasiun Pasar Senen. (Indonesiaglobe/Mufit)
Situasi Stasiun Pasar Senen. (Indonesiaglobe/Mufit)

Indonesiaglobe.id - Sejumlah masyarakat terpantau memilih mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah lebih awal melalui Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Padahal, Lebaran Idul Fitri masih menyisihkan waktu sekitar dua minggu lebih. Lantas apa alasan sejumlah masyarakat tersebut melakukan mudik lebih awal?

Salah satu penumpang Kereta Api bernama Angga Prayoga (29) mengatakan, alasan melakukan mudik Lebaran terlebih dahulu karena untuk menghindari penumpukan penumpang.

"Kalau saya sih karena sudah libur kampus. Terus juga untuk menghindari banyaknya penumpang, karena hampir 70 persen warga Jakarta akan melakukan mudik lebih baik mudik sekarang," ujarnya saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Senin (25/3/2024).

Selain itu, Angga juga mengaku, jika melakukan mudik hari ini karena harga tiket kereta api masih tergolong murah. Dia mendapatkan harga tiket di atas Rp 200.000.

"Pasti juga memilih harga tiket murah, karena saya lihat itu di beberapa aplikasi (online) di atas tangga 2 April itu sudah mahal, jadi saya pulang sekarang," ucapnya.

Berdasarkan pantauan indonesiaglobe.id pada pukul 11:50 WIB, Senin (25/3/2024), aktivitas di Stasiun Pasar Senen masih tampak normal seperti hari-hari biasanya sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Hanya terdapat segelintir orang membawa barang-barang keperluan yang ingin melakukan mudik terlebih dahulu.

Terlihat antrean masyarakat di depan pintu masuk keberangkatan kereta. Memang terlihat tidak adanya antrean panjang, hanya sekitar 5 hingga 10 orang. 

Antrean terjadi karena pemeriksaan tiket oleh petugas stasiun. 

Kursi ruang tunggu untuk penumpang yang disediakan pihak kereta api juga tampak kelihatan sepi. Hanya ada beberapa orang menempati kursi tersebut sambil menunggu jam pemberangkatan kereta api.

Bila dilihat dari kalender, Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah kurang lebih tinggal dua minggu lagi. Jika lebaran jatuh pada 10 April 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: