Pemprov DKI Siapkan 2.258 Bus Mudik untuk Lebaran 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 29 Maret 2024 | 18:50 WIB
Ilustrasi bus mudik Lebaran. (Foto: Freepik)
Ilustrasi bus mudik Lebaran. (Foto: Freepik)

Indonesiaglobe.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan 2.258 bus angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) untuk melayani warga yang melakukan mudik Lebaran 2024.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin mengatakan 2.258 bus AKAP itu berasal dari 152 perusahaan otobus (PO).

"Total bus yang kami siapkan 2.258 dari 152 PO," kata Syafrin kepada wartawan, Jumat (29/3/2024).

Syafrin memastikan bus AKAP yang akan diberangkatkan itu sudah laik jalan sehingga tak akan menimbulkan kekhawatiran dari para penumpang.

"Jadi, untuk bus-bus semuanya ada persyaratannya, (yaitu) telah memenuhi inspeksi keselamatan atau ramp check dan laik jalan. Jadi, semuanya pasti kami jamin untuk keselamatannya," ujar Syafrin.

Ramp check ini dilakukan sejak 18 Maret di empat terminal utama, yaitu Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, dan Tanjung Priok.

Meski demikian, ungkap Syafrin, baru 33,5 persen yang baru laik jalan. Karena itu, pihaknya segera berbenah agar keselamatan penumpang terjamin.

"Masih ada 66,5 persen yang menjadi PR bersama operator. Dilakukan perbaikan, tapi secara keseluruhan perbaikan tidak mayor," ungkap Syafrin.

"Contohnya, alat pemecah kacanya diambil atau hilang sehingga bisa dibeli untuk dipasang kembali. Misalnya, salah satu wiper tidak berfungsi, satu berfungsi. Yang tak berfungsi itu harus diganti," sambungnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: