Pemkot Jakpus Pasang Tonggak di Trotoar Gedung DPR Buntut Viral Video Pungli

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 30 Maret 2024 | 13:37 WIB
Pungli di jalanan (Foto/Inst Lutfiagizal)
Pungli di jalanan (Foto/Inst Lutfiagizal)

Indonesiaglobe.id - Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Pusat telah memasang bollard atau tonggak di trotoar Jalan Pejompongan Raya, dekat dengan Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Pemasangan bollard ini merupakan tindak lanjut untuk mencegah aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan sejumlah pemuda di sana. Selain itu, pemasangan tonggak ini juga bertujuan agar para pengendara motor tidak melintas di trotoar.

"Suku Dinas Perhubungan Kota Adm. Jakarta Pusat bersama Polri/ Satpol PP dan Bina Marga melakukan pemasangan Bollard trotoar di lokasi kejadian guna mencegah kendaraan roda dua untuk naik di atas trotoar," tulis Sudinhub Jakarta Pusat dalam Instagram resminya @sudinhub_jakpus, dilihat Sabtu (30/3/2024).

Lebih lanjut, Sudinhub Jakarta Pusat juga mengimbau pengendara motor untuk menggunakan jalan yang semestinya karena trotoar diperuntukkan bagi pejalan kaki.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan khususnya pengendara roda 2 agar tidak melintas di atas trotoar karena trotoar hanya diperuntukan bagi pejalan kaki, mari bersama menjaga fasilitas umum," tulis Sudinhub.

Sebelumnya, viral sebuah video yang menunjukan sejumlah pemuda meminta uang kepada pengendara motor yang ingin melintasi trotoar di Jalan Pejompongan Raya, dekat dengan Gedung DPR, Jakarta Pusat. 

Video itu pertama kali diunggah akun Instagram @lutfiagizal pada Rabu (27/3/2024) lalu.

Dalam video yang beredar, para pemuda menutup trotoar dengan barier oranye. Kemudian, mereka akan membuka barier itu jika ada pengendara yang membayar. 

"Jakarta semua bisa jadi uang! Ni dibiarin storan kesiapa duitnya??" tulis akun Instagram itu, dilihat Jumat (29/3/2024).
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: