Atasi Dampak Ledakan Gudang Peluru, Polisi Siapkan Tim Penjinak Bahan Peledak

Oleh: Imantoko Kurniadi
Minggu, 31 Maret 2024 | 10:28 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (Foto/MABES POLRI)
Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. (Foto/MABES POLRI)

Indonesiaglobe.id - Polisi ikut menangani kebakaran di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Sebagai informasi, gudang peluru Batalyon Artileri Medan (Yonamed) 07/155 GS Kodam Jaya pada Sabtu (30/3/2024) malam, meledak hingga mengakibatkan kebakaran hebat.

Dalam sebuah video yang viral di media sosial, api membubung tinggi karena ledakan tersebut. Dentuman dan kobaran api terlihat dan terdengar dalam radius tiga kilometer.

Merespons hal itu, pihak kepolisian turut menangani insiden tersebut. Sebagai langkah pertama ialah mengamankan masyarakat di sekitar lokasi.

“Antisipasi yang pertama masyarakat yang paling mungkin berpotensi terdampak, bukan berarti evakuasi, tapi hanya sedikit menggeser agar dampak-dampak aman,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto saat di lokasi, Sabtu (30/3/2024) malam.

Selain itu, Kapolda Metro juga akan menyiapkan tim penjinak bahan peledak (jihandak).

“Kami juga akan menyiapkan jihandak, kalau memang Pak Panglima Kodam membutuhkan bantuan, kami siapkan,” jelasnya.

“Kami juga punya tenaga profesional, apabila mungkin ada material ledakan yang terlempar jauh, kemudian dekat dengan permukiman masyarakat atau di tempat umum, kami akan bantu,” tutup Karyoto.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: