Sambangi Balai Kota, AHY Kenang Momen saat Maju di Pilkada Jakarta 2017

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 02 April 2024 | 15:22 WIB
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono saat di Balai Kota. (Indonesiaglobe/Lydia Fransisca).
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono saat di Balai Kota. (Indonesiaglobe/Lydia Fransisca).

Indonesiaglobe.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (2/4/2024).

Kunjungan tersebut untuk acara Deklarasi Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai kota Lengkap dan Implementasi Layanan Sertipikat Elektronik serta Penyerahan Sertipikat Tanah Aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, AHY mengenang saat ia maju Pilkada DKI pada 2017 lalu. Kala itu, ia berpasangan dengan Sylviana Murni.

"DKI Jakarta ini tentunya spesial bagi saya pribadi karena perjuangan saya pertama kali di dunia politik, di sebuah kancah Pilkada rasa Pilpres," kata AHY.

AHY berujar, Jakarta akan selamanya menjadi daya tarik. Bahkan, lanjutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memimpin di Jakarta.

"Jadi kalau saya mengatakan tadi Jakarta selamanya akan menjadi daya tarik, menjadi magnet, bukan saja dari sisi ekonomi bisnis tapi secara politik karena beliau Pak Presiden Jokowi juga dari sini mengabdi," ujar AHY.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Demokrat ini pun kembali mengingat alasannya untuk maju Pilgub 2017, meskipun banyak yang menyayangkan langkahnya tersebut.

"Banyak yang tanya, ada urusan apa seorang perwira relatif masih muda, TNI, pangkat mayor kok berani-beraninya turun ke panggung politik, Pilgub DKI Jakarta," cerita AHY.

"Pertama tentu panggilan sejarah yang tidak bisa dirasionalisasi secara penuh. Saya juga merasa terpanggil untuk melanjutkan pengabdian di dunia politik kemasyarakatan, dan pemerintahan tentunya," sambung Ketua Umum Partai Demokrat ini.

AHY pun mengungkapkan bahwa kala itu, dia ingin melihat Jakarta semakin maju dan masyarakatnya sejahtera. Ia pun mempelajari karakter kota Jakarta yang begitu dinamis.

"Tadi Pak Gubernur (Heru) tunjukkan foto blusukan. Bagus sekali Pak kalau tiap hari dilakukan, itu masyarakat senang karena pemimpinnya hadir, pemerintahnya hadir, negaranya hadir. Sulu kita melakukan hal serupa, ada 44 kecamatan, betul masih sama kan? atau berkurang?" ucap AHY sambil tertawa kecil.

Lebih lanjut, ia pun mengapresiasi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono karena kini ia bisa merasakan kemajuan Jakarta.

"Sampai ke Kepulauan Seribu juga, barat, Jakarta Timur, pusat, hari ini masih kita rasakan ada kemajuan yang dirasakan. Ini hasil kerja keras Bapak/Ibu semua. Tapi ada tantangan yang nggak bisa diselesaikan sendiri. Ini lintas pemerintahan, lintas generasi, perlu sinergi dan kolaborasi," tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: