Jelang Mudik Lebaran, Kemen PPPA Tinjau Kesiapan Fasilitas Rest Area

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 03 April 2024 | 08:00 WIB
Nahar saat meninjau arus mudik (Foto/Kemen PPPA)
Nahar saat meninjau arus mudik (Foto/Kemen PPPA)

Indonesiaglobe.id - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) diwakili oleh Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak, Nahar mendampingi kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Rest Area TRAVOY KM 88B di ruas Tol Cipularang, Jawa Barat. 

Nahar mengatakan, menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024, Kemen PPPA mendorong pengelola layanan publik untuk menyiapkan fasilitas yang ramah terhadap perempuan dan anak.

"Jelang arus mudik yang diperkirakan akan mulai pada akhir pekan ini, tentunya kami mendorong agar pengelola layanan publik salah satunya Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol untuk menyiapkan fasilitas-fasilitas pendukung dalam rangka menyukseskan Mudik Ramah Perempuan dan Anak. Fasilitas seperti Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), ruang laktasi, toilet khusus perempuan dan anak, akses yang mudah bagi disabilitas dan lansia," ujar Nahar, Selasa(2/4/2024).
 
Nahar  menjelaskan, saat dalam perjalanan mudik Lebaran selain mengutamakan keselamatan dalam berkendara, tentunya menciptakan suasana aman dan nyaman selama perjalanan juga harus menjadi perhatian para pemudik, termasuk meminimalisasi terjadinya berbagai bentuk kekerasan. 

"Kita juga mendorong agar pengelola layanan publik yang berkaitan dengan arus mudik ini menyediakan sarana dan prasarana untuk pelaporan kekerasan yang mungkin saja terjadi terhadap pemudik perempuan dan anak. Pos pelayanan pengaduan kekerasan diharapkan ada selama arus mudik hingga arus balik nanti, sehingga dapat memberikan akses kemudahan kepada perempuan dan anak jika mengalami kekerasan atau sejenisnya," ungkap Nahar.

Nahar mengajak seluruh pihak untuk terlibat dalam menciptakan iklim dan lingkungan yang aman serta nyaman bagi perempuan dan anak dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024 termasuk tidak mudik dengan kendaraan roda dua dengan jarak jauh sambil membawa anak usia balita. 

Lebih lanjut, ia berpesan, jika masyarakat melihat atau mengalami kekerasan terhadap perempuan dan anak pada saat mudik Lebaran agar dapat menghubungi layanan yang tersedia. Selain itu, Kemen PPPA juga telah menyediakan Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA 129) pada hotline 129 atau WhatsApp di nomor 08111-129-129. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: