Gempa Dahsyat Guncang Taiwan, Picu Peringatan Tsunami di Jepang

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 03 April 2024 | 09:16 WIB
Ilustrasi gempa. (Foto/Pixabay).
Ilustrasi gempa. (Foto/Pixabay).

Indonesiaglobe.id - Gempa bumi di lepas pantai Taiwan berkekuatan magnitudo 7,4  mengguncang Ibu Kota Taipei pada hari Rabu (3/4/2024) pagi waktu setempat. Gempa ini pun memicu peringatan tsunami untuk pulau-pulau di selatan Jepang dan Filipina.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, gempa melanda pada pukul 07:58 pagi (2358 GMT) pada kedalaman 15,5 km (9,6 mil) di lepas pantai timur Taiwan, menurut Administrasi Cuaca Pusat Taiwan. Ini adalah gempa terkuat yang melanda pulau tersebut dalam 25 tahun terakhir.

Pasca gempa tersebut, Jepang mengeluarkan peringatan evakuasi untuk daerah pesisir di prefektur selatan Okinawa. Gelombang tsunami setinggi 3 meter (10 kaki) diperkirakan akan mencapai wilayah yang luas di pantai barat daya Jepang.

Tsunami setinggi 30 cm diperkirakan akan mencapai Pulau Yonaguni pada pukul 9:18 pagi (0018 GMT).

Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan untuk penduduk di daerah pesisir beberapa provinsi, mendesak mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Tak hanya itu, Gempa tersebut terasa di Shanghai, kata seorang saksi mata Reuters. Media pemerintah China mengatakan bahwa gempa juga terasa di Fuzhou, Xiamen, Quanzhou dan Ningde di provinsi Fujian, China.

Pemerintah kota Taipei belum menerima laporan kerusakan dan MRT kota tersebut segera beroperasi setelah gempa.

Sejauh ini belum ada laporan dampak gempa maupun peringatan lainnya menyusul gempa tersebut.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: