Perkuat AL, Indonesia Beli 2 Kapal Selam dari Prancis

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 04 April 2024 | 09:00 WIB
Kapal selam berlayar  (Foto/Pixabay)
Kapal selam berlayar (Foto/Pixabay)

Beritanasional.com -  Angkatan Laut Indonesia menandatangani kontrak untuk membeli dua kapal selam "Scorpene" yang dibuat oleh perusahaan kapal milik pemerintah Prancis, Naval Group, kata perusahaan itu pada hari Selasa (2/4/2024) di situs webnya.

Dua kapal selam berukuran panjang 72 m itu akan dibuat di Indonesia, yang baru-baru ini menandatangani pasokan senjata besar lainnya dengan sebuah perusahaan Prancis, kata Naval Group dalam sebuah pernyataan. Indonesia memesan 42 jet tempur Rafale buatan Dassault AM.PA pada tahun 2022.

Dikutip dari VOA, kapal selam “Scorpene” yang dapat menampung 31 awak, memiliki enam landasan peluncuran dan kapasitas 18 torpedo dan rudal. Kapal ini dapat bertahan secara mandiri di bawah air selama 12 hari, menurut perusahaan tersebut.

Kemitraan pertahanan yang lebih luas antara Perancis dan Indonesia adalah bagian dari apa yang Paris pandang sebagai tanggapannya di kawasan Indo-Pasifik terhadap aliansi strategis baru antara Amerika Serikat, Inggris dan Australia yang disebut AUKUS, yang dibentuk pada tahun 2021. sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: