Jenderal Sigit Beri Peringatan kepada Para Pemudik Selama Perjalanan, Catat!

Oleh: Mufit
Kamis, 04 April 2024 | 23:00 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kanan). (Foto/Div Humas Polri).
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (kanan). (Foto/Div Humas Polri).

Beritanasional.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengimbau pengendara agar tidak beristirahat di bahu jalan saat melakukan perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sigit mengatakan istirahat di bahu jalan membahayakan bagi pengendara lain yang bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Ada rest area yang bisa digunakan untuk istirahat sebentar, jadi untuk mengantisipasi kemacetan," kata Sigit di sela-sela meninjau kesiapan mudik di Gerbang Tol Kalikangkung Km 414, Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (3/4/2024).

Lebih lanjut, Sigit mengatakan pihaknya bersama pemerintah telah menyiapkan rest area untuk beristirahat untuk pengendara.

"Jalur exit mengarah ke jalur arteri yang tentunya banyak tempat bisa digunakan untuk istirahat, kita semua sudah fasilitas semua," ungkapnya.

Sigit juga mengimbau masyarakat yang sudah bisa melaksanakan mudik untuk tidak menunda memulai perjalanan. 

Melaksanakan mudik lebih awal diharapkan dapat mengurangi beban arus lalu lintas pada puncak arus mudik Lebaran. 

"Walaupun kita menggunakan rekayasa one way, tentunya apabila semuanya memilih itu akan sangat padat dan terjadi kemacetan," tutur Sigit. 

"Karena itu disiapkan mudik gratis di tanggal 6 dan 7 silahkan menghubungi Korlantas atau Polda setempat. Dari Kemenhub ada, Kementerian BUMN juga ada," tutupnya.

Dalam kesempatan, itu Sigit juga mengatakan, telah menyiapkan beberapa rekayasa untuk mengurai kemacetan di sejumlah ruas jalan tol, terutama di wilayah Jawa Tengah.

Sigit menyatakan prioritas pertama yang telah disiapkan pihak kepolisian untuk mengurai kemacetan adalah dengan menambah beberapa pintu exit tol.

"Pada titik-titik exit tol nantinya akan disiapkan petugas tambahan dengan mesin card reader untuk mempercepat arus lalu lintas," tuturnya.sinpo

Komentar: